Ini Titik Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Kota Tua Jakarta

Kompas.com - 18/04/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas untuk penataan kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Rekayasa Lalu Lintas ini akan dilakukan dalam dua tahap. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, tahapan pengerjaan atau tahap 1 dimulai 18-25 April 2022, sedangkan tahap kedua dimulai 26 April 2022 sampai selesai.

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan menyesuaikan aturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan mengikuti petunjuk petugas di lapangan. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas dan utamakan keselamatan di jalan," ucap Syafrin seperti dikutip Kompas Megapolitan, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Syarat Bus Pariwisata untuk Angkutan Mudik Lebaran

Penataan kawasan Kota Tua sudah direncanakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sejak April tahun lalu. Anies mengatakan, kawasan tersebut akan dibentuk sebagai sistem ekonomi dan destinasi wisata.

Untuk tahap satu, lalu lintas di Jalan Kemukus dua lajur akan dibagi menjadi menuju Jalan Ketumbar, Jalan Lada satu lajur dan Jalan Lada Dalam satu lajur.

Sedangkan untuk tahap dua, Jalan Kemukus, Jalan Ketumbar, Jalan Lada dan Jalan Lada Dalam menjadi plaza pedestrian, sedangkan Jalan Lada Dalam dibagi menjadi dua lajur.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho dalam seminar daring penataan Jakarta setelah Ibu Kota Negara (IKN) pindah di Jakarta, Jumat (4/2/2022) menjelaskan bahwa nantinya, akan ada plaza pesetrian yang lebar di kawasan Kota Tua, sama seperti zaman dulu.

Baca juga: Panther Diduga Timbun Solar, Tampung 466 Liter Sekali Isi Rp 2,4 Juta

Kendaraan tidak diperbolehkan masuk ke area ini, kecuali kendaraan yang berbasis listrik, untuk mendukung zona emisi nol persen. Pihaknya memperkirakan, penataan akan rampung pada Agustus 2022 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.