Cara Mengganti Sendiri Filter AC Toyota Avanza

Kompas.com - 18/04/2022, 16:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— AC merupakan komponen penting yang ada di dalam kabin mobil. AC mampu menyejukan ruang kabin mobil akan menambah kenyamanan saat berkendara.

Fungsinya yang begitu penting membuat AC harus selalu dalam keadaan optimal. Rutin mengganti filter kabin atau filter AC menjadi bagian untuk menjaga kondisi AC.

Filter AC sendiri berfungsi menyaring debu dan kotoran dari motor blower. Filter AC yang bersih akan memberikan kondisi udara di dalam kabin selalu bersih dan lebih sehat.

Baca juga: Prediksi Kenaikan Harga Tiket Bus di Terminal Kampung Rambutan

Toyota Avanza menjadi salah satu unit mobil yang dilengkapi filter AC. Bagi pemilik mobil jenis ini, harus mengetahui letak dari filter AC bila ingin mengganti sendiri.

“Filter AC itu terletak di balik konsol box penumpang depan,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi baru-baru ini pada Kompas.com.

Didi menjelaskan, setelah mengetahui letak dari filter AC, langkah pertama yaitu melepas konsol boks atau laci mobil terlebih dahulu. Setelah laci dibuka, akan terlihat letak filter AC.

Filter kabin Bosch Aeristo PremiumDOK. BOSCH Filter kabin Bosch Aeristo Premium

Kemudian, buka tutup dari komponen tersebut dan keluarkan filternya. Jika filter AC telah terlihat berubah warna menjadi lebih gelap, artinya sudah harus diganti dengan yang baru.

Untuk pemasangannya sendiri, pemilik mobil hanya perlu menempatkan filter menggunakan double tape. Setelah filter AC yang baru tertempel dengan baik,  maka tutup dan pasangan kembali laci mobil. 

“Kalau sudah kotor pastinya warna filter berubah dari putih menjadi gelap,” kata Didi.

Baca juga: Lorenzo Memperingatkan Marquez Bahaya Terlalu Banyak Kecelakaan

Bagi pengguna Toyota Avanza yang berniat memasang filter AC dapat membeli filter AC melalui online atau langsung.

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada salah satu situs belanja online, untuk harga filter AC Toyota Avanza secara satuan yaitu mulai dari Rp 19.000.

Sementara itu,  untuk harga paket filter AC Toyota Avanza yaitu mulai dari Rp 88.000. Paket tersebut terdiri dari rumah filter beserta filternya.

“Apabila warna filter AC belum terlalu berubah, filter bisa dibersihkan dengan ditiup angin. Jangan pernah mencuci filter AC,” katanya Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.