Ingat Lagi Bahaya Anak di Bawah Umur Mengemudikan Kendaraan

Kompas.com - 15/04/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terjadi lagi kasus kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor di Kulon Progo, DI Yogyakarta pada Rabu (14/4/2022) yang lalu.

Diketahui, pelajar berusia 12 tahun tersebut tidak sadarkan diri setelah menabrak tiang listrik. Alhasil, ia mengalami hematum di pelipis kiri dan kepala sebelah kiri.

Dugaan awal, pelajar tersebut melaju kencang dari arah Barat ke Timur Jalan Donomulyo-Mudal, dan terpeleset tikungan yang berada di area tersebut, tikungan yang dikenal warga sebagai tikungan Puskesmas Pembantu Karang Wetan.

Baca juga: Terlibat Kecelakaan Jangan Asal Kabur, apalagi Tabrak Lari

"Korban tidak sadar diri dan sekarang berada di RS PKU Jogja," ucap Kasi Humas Polres Kulon Progo Iptu I Nengah Jeffry Prana Widayana, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (14/4/2022).

Secara hukum, usia legal untuk seseorang boleh mengemudikan kendaraan bermotor adalah 17 tahun. Di usia tersebut, seseorang baru bisa membuat Surat Izin Mengemudi (SIM).

"Pada usia tersebut, seseorang sudah dianggap dewasa karena sudah cukup berkembang baik secara fisik, perilaku dan mental. Sehingga mampu untuk fokus mengambil keputusan yang tepat dan mampu melakukan berbagai tindakan antisipatif yang diperlukan," ucap Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan.

Ilustrasi SIM A dan SIM C. Untuk pembuatan SIM baru, pengendara harus menyiapkan biaya pembuatan SIM C, SIM A, SIM B, atau SIM D. Pasalnya, biaya bikin SIM C berbeda dengan jenis SIM lainnya.KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Ilustrasi SIM A dan SIM C. Untuk pembuatan SIM baru, pengendara harus menyiapkan biaya pembuatan SIM C, SIM A, SIM B, atau SIM D. Pasalnya, biaya bikin SIM C berbeda dengan jenis SIM lainnya.

Baca juga: Arus Mudik, One Way dari Tol Jakarta-Cikampek sampai Kalikangkung

Marcell menjelaskan, ini juga menjadi salah satu alasan mengapa pemohon SIM harus memenuhi syarat yaitu berusia minimal 17 tahun.

Kemudian tidak hanya mengemudikan kendaraan bermotor, pengemudi juga harus memahami rambu-rambu lalu lintas sehingga bisa terhindar dari potensi kecelakaan.

Menurut dia, ini penting karena menyangkut keselamatan pengguna jalan yang lainnya. Anak di bawah umur sebaiknya tidak mengemudikan kenddaraan bermotor ke jalan raya, apapun alasannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.