Kompas.com - 14/04/2022, 17:35 WIB


JAKARTA, KOMPAs.com— Wiper merupakan komponen penting pada mobil. Penyematan wiper pada kaca mobil bertujuan untuk membantu penglihatan pengemudi.

Apabila mengendarai mobil di situasi yang mana mengakibatkan kaca mobil terhalang, wiper akan bekerja menyapu hal yang menghalangi pandangan.

Di Indonesia sendiri, saat berkendara di tengah hujan dengan adanya wiper akan membantu. Wiper akan menyapu air hujan yang menghalangi kaca agar pandangan pengemudi tetap jelas.

Menurut kabar yang beredar, wiper hanya akan bekerja saat basah saja. Jika wiper digunakan saat situasi kering bisa berisiko membuat kaca menjadi baret.

Baca juga: Honda Luncurkan Blade 125 Terbaru, Dijual Rp 20 Jutaan

“Jika karet wiper dan kaca dan karet dalam keadaan kering maka kedua komponen tersebut akan mudah rusak,” Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) baru-baru ini pada Kompas.com.

Didi menjelaskan jika karet wiper menyapu permukaan kaca dalam keadaan kering akan menggesek permukaan kaca. Jika dilakukan secara berulang, karet wiper juga akan rusak.

Karet wiper yang rusak membuat frame atau bilah wiper yang keras mudah membuat kaca mobil baret.

Apabila goresan pada kaca banyak dan dalam, akan mengganggu pandangan dari pengemudi. Saat kaca mobil baret mau tidak mau harus mengeluarkan dana tidak sedikit untuk mengganti dengan yang baru.

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

“Jangan gunakan wiper tanpa air. Saat keadaan kering, kotoran pada kaca dapat merusak karet wiper,” kata Didi.

Peran dari Wiper yang penting membuat pemilik mobil tidak boleh abai untuk merawatnya. Wiper yang terawat akan membuat komponen ini akan berfungsi dengan baik saat dibutuhkan. Maka dari itu amannya tidak dengan sengaja menggunakan wiper saat keadaan kering.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.