Cara Aman Mobil Melewati Perlintasan Kereta

Kompas.com - 06/04/2022, 19:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Kecelakaan mobil yang tertabrak kereta saat melewati lintasan rel menjadi hal yang banyak terjadi Indonesia.

Beberapa ruas jalan terdapat lintasan rel kereta, maka dari itu apabila tidak hati-hati saat berkendara melintasi jalan tersebut akan mengancam nyawa.

Bahkan, tidak sedikit pula perlintasan kereta di beberapa wilayah tidak menggunakan palang pintu, oleh karena itu pengendara mobil harus ekstra waspada kendati kereta masih jauh.

Baca juga: Kenapa BPKB Hilang Harus Diumumkan di Media Massa?

Pasalnya, kereta bukanlah transportasi yang akan mudah melakukan rem tiba–tiba. Jika tertabrak atau tersenggol, maka akan sangat berbahaya.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan pengemudi mobil harus menerapkan beberapa cara mengemudi yang aman saat melintasi rel kereta.

Suasana usai Toyota Sienta dengan nomor polisi N 1920 SB bertabrakan dengan kereta api di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Paji, Kecamatan Pucuk, Lamongan, Jumat (25/3/2022) malam.Dok. Polres Lamongan Suasana usai Toyota Sienta dengan nomor polisi N 1920 SB bertabrakan dengan kereta api di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Paji, Kecamatan Pucuk, Lamongan, Jumat (25/3/2022) malam.

“Pertama berhenti di jarak 3 meter di belakang palang kereta. Buka kaca mobil 10 cm, dengarkan apakah ada pengumuman atau tanda jika kereta akan melintas atau tidak,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com

Pemilik mobil yang tidak membuka kaca cenderung sulit mendengar tanda apakah akan ada kereta yang melintas atau tidak.

Hal inilah yang membuat sebagian korban kecelakaan langsung menerobos palang kereta. Dengan begitu tabrakan di perlintasan kereta terjadi. 

Baca juga: Resmi, Marc Marquez Bisa Balapan di MotoGP Amerika

Selain itu, hendaknya jika telah berada di sekitar daerah perlintasan kereta segera matikan audio di mobil. Jika belum aman, pengemudi harus bersabar menunggu kereta lewat bersama pengguna jalan lainnya.

“Jika sudah aman, pemilik harus segera melajukan mobilnya untuk melintasi rel kereta dengan percepatan atau sedikit meluncur. Hal ini agar ada gaya dorong,” ujar Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.