Kompas.com - 04/04/2022, 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro mencatat sejarah di MotoGP. Pebalap asal Spanyol ini memberikan kemenangan pertama untuk Aprilia di era MotoGP.

Diawali dengan pole position yang diraihnya saat sesi kualifikasi, Aleix berhasil menang di musimnya yang keenam bersama Aprilia.

Baca juga: Profil Aleix Espargaro, Akhirnya Juara MotoGP di Start ke-200

Peningkatan yang dilakukan Aprilia pada RS-GP mulai terlihat. Sebelumnya, sulit bagi Aleix untuk finis lima besar.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022

Musim lalu, dia berhasil meraih podium pertama untuk Aprilia dengan finis ketiga. Musim ini, Aleix mencatatkan tiga sejarah sekaligus untuk Aprilia di era MotoGP.

Pertama, Aleix berhasil meraih pole position. Kedua, balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo ini menjadi balapannya yang ke-200. Ketiga, kemenangan yang diraih adalah yang pertama untuk dirinya di kelas utama dan untuk Aprilia.

Baca juga: Tepati Janji, Ini Momen Aleix Espargaro Lempar Helm ke Penonton di Mandalika

"Saya sangat senang, karena saya merasa kejuaraan ini adalah salah satu yang tersulit karena levelnya," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Senin (4/4/2022).

Duel Aleix Espargaro (Aprilia) dan Jorge Martin (Pramac) pada ajang MotoGP Argentina, Senin (4/4/2022) dini hari WIB.MOTOGP Duel Aleix Espargaro (Aprilia) dan Jorge Martin (Pramac) pada ajang MotoGP Argentina, Senin (4/4/2022) dini hari WIB.

Aleix menambahkan, kemenangan tersebut tidak memberikan banyak perubahan bagi kehidupannya. Tapi, untuk semua orang di Aprilia, itu adalah langkah yang besar.

Saat balapan pada MotoGP Mandalika, Aleix sempat berjanji akan melempar helmnya ke penonton jika pengikutnya di Instagram bisa tembus hingga 1 juta pengikut.

Aleix Espargaro berjanji melemparkan helmnya ke tribun Mandalika jika mendapatkan satu juta followers di InstagramRepro bidik layar via Instagram Aleix Espargaro berjanji melemparkan helmnya ke tribun Mandalika jika mendapatkan satu juta followers di Instagram

Janji tersebut berhasil ditepati dan akhirnya membawa berkah bagi dirinya saat balapan di Argentina. Sama seperti Enea Bastianini, Aleix menggunakan helm buatan lokal, yakni KYT, dengan tipe SR-GP.

Dengan konsistensinya finis di posisi keempat dan kesembilan pada dua seri sebelumnya, Aleix kini memimpin klasemen sementara MotoGP 2022 dengan total 45 poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.