Kredit Mobil dan Motor Diprediksi Meningkat Jelang Lebaran

Kompas.com - 04/04/2022, 14:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Insentif seperti diskon PPnBM yang diberikan pemerintah telah berdampak pada meningkatnya pasar otomotif. Seiring dengan penjualan mobil dan motor, pengajuan kredit kendaraan ikut terdongkrak.

Apalagi sebentar lagi momentum Hari Raya Lebaran yang diprediksi bakal lebih menggairahkan pasar otomotif.

Harry Latif, Chief of Portfolio Officer Adira Finance, mengatakan, daya beli masyarakat sebetulnya sudah terasa sejak awal 2022.

Baca juga: Hasil MotoGP Argentina 2022, Aleix Espargaro Menang, Sengit Lawan Martin

Ilustrasi booth Adira FinanceKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi booth Adira Finance

“Terlihat memang setelah kemarin event Mandalika dan beberapa event besar, terlihat PPKM juga membaik, dan akhirnya konsumen maupun masyarakat lebih aktif di luar,” ujar Harry, saat ditemui di IIMS 2022 (3/4/2022).

“Saya melihat ini sudah menuju ke endemi, dan kita lihat semua tolak ukur pemerintah, inflasi, economic growth, semuanya itu membaik. Otomatis setelah menjadi endemi, kami lihat daya beli mulai ada, apalagi sudah mendekati Lebaran,” kata dia.

Harry juga mengatakan, pada momentum bulan Ramadan menuju Lebaran diprediksi bakal ada peningkatan pengajuan kredit.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2022 Usai GP Argentina, Aleix Espargaro Teratas

Booth Yamaha saat IIMS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Yamaha saat IIMS 2022

“Mungkin belum normal seperti sebelum Covid-19, tapi rasanya sudah terlihat sekali. Kami perkirakan bisa meningkat 15 persen dibandingkan kondisi normal di Q1 ini,” ucap Harry.

“Dan itu rasanya mungkin mendekati sebelum Covid-19, kalau sebelum Covid-19 itu 20-25 persen kenaikan dibandingkan sebelum Lebaran,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.