Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Sarung Tangan untuk Pemotor

Kompas.com - 30/03/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengendarai sepeda motor, ada beberapa riding gear atau perlengkapan berkendara yang bisa digunakan untuk menunjang keselamatan selama di perjalanan.

Head of Safety Riding Promotions Wahana Agus Sani menjelaskan, memilih sarung tangan bukan perkara mudah apalagi jika dilakukan secara sembarangan.

Baca juga: Rawan Celaka, Ingat Lagi Fungsi Riding Gear Saat Naik Motor

Sarung tangan yang pas untuk dipakai berkendara harian yaitu nyaman dan tidak kaku. Karakter ini supaya memudahkan handling saat menarik gas maupun tuas rem,” ucap Agus.

Pilihan sarung tangan yang tidak mementingkan kenyamanan atau hanya mengincar gaya saja dapat membahayakan pemotor. Ini dapat menyulitkan pemotor saat akan mengoperasikan tuas gas dan tuas rem.

Agus juga menyarankan pemotor agar tidak menggunakan sarung tangan yang tidak menutup seluruh bagian jari tangan.

Memakai sarung tangan yang dipakai untuk balapan di sirkuit juga tidak direkomendasikan untuk penggunaan harian, karena bahannya lebih kaku.

Ragam sarung tangan bermerek untuk sepeda motorAditya Maulana, KompasOtomotif Ragam sarung tangan bermerek untuk sepeda motor

Baca juga: Update Kasus Penipuan Diler Honda MT Haryono, Pelaku Kambuhan

Namun, memilih yang bahannya terlalu tipis juga tidak baik. Ini justru tidak memiliki fungsi utama penggunaan sarung tangan bagi pemotor, yaitu untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

“Jangan pula pakai sarung tangan untuk motorcross karena terlalu tipis dan tidak bisa melindungi tangan dengan maksimal saat terjatuh. Pakai yang menutup bagian jari-jari serta telapak tangan, bahannya bisa apa saja,” ucap Agus.

Selain itu, memakai sarung tangan yang terlalu tipis jug membuatnya cepat rusak sehingga harus lebih sering diganti berkala.

Pilihlah sarung tangan yang menutup seluruh bangian jari tangan, namun juga aman dan nyaman dipakaibuntuk mengoperasikan kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.