Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Kembangkan Power Steering Elektrik

Kompas.com - 29/03/2022, 16:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber rideapart

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi terus berkembang, alat bantu elektronik semakin kompleks. Tujuannya ialah untuk memudahkan pemakai saat berkendara.

Pabrikan asal Jepang, Yamaha, mengembangkan teknologi electric power steering (EPS) untuk motor. Dengan sistem ini pengendara akan lebih mudah saat mengendalikan motor.

Baca juga: Hitung Biaya Servis Rutin Honda City Sedan Hingga 5 Tahun

Mengutip Rideapart, prototipe EPS ini merupakan bagian dari Transforming Mobility Initiative Yamaha. Sistemnya menggunakan sensor torsi dan teknologi magnet.

Yamaha mengembangkan teknologi electric power steering (EPS) untuk sepeda motor.Foto: Rideapart Yamaha mengembangkan teknologi electric power steering (EPS) untuk sepeda motor.

Yamaha menyebut dengan peningkatan stabilitas maka mengurangi kelelahan pengendara. Selain itu menguntungkan pengendara karena meningkatkan kenyamanan dan keamanan.

Prototipe EPS Yamaha ini bekerja dalam dua kondisi. Kondisi pertama yaitu untuk meringankan setang di kecepatan rendah dan kedua menstabilkan setang saat kecepatan tinggi.

Aktuator EPS menggunakan sensor torsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi gerakan fisik. Di kecepatan tinggi akan mengurangi gerakan setang yang tidak diinginkan pada kecepatan tinggi dengan menangkal tekanan luar saat lewat jalan tak rata.

Baca juga: Ketahui Bahayanya Manuver Tiba-tiba di Jalan Tol

Yamaha YZ450FMFoto: Vital MX Yamaha YZ450FM

Saat ini teknologi EPS ini sedang diuji pada motor balap Yamaha YZ450FM dan YZ250F yang bersaing di All Japan Motocross Championship.

Nantinya data yang diperoleh digunakan untuk mengembangkan EPS yang pada akhirnya akan dipasang di sepeda motor produksi.

Selain untuk off-road, EPS dapat membantu meningkatkan kenyamanan dan kemampuan berkendara jarak jauh seperti motor untuk komuter, cruiser, dan sport-tourer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com