Cara Aman Lihat Maps di Ponsel Sambil Mengemudi Mobil

Kompas.com - 29/03/2022, 19:01 WIB


JAKARTA,KOMPAS.com - Saat berkendara ke tempat yang baru pertama kali dikunjungi, pengemudi mobil sering bingung menentukan rute jalan untuk sampai menuju lokasi tujuan.

Oleh karena itu, menggunakan peta digital pada ponsel pintar adalah solusi yang banyak dipilih. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh ponsel pintar, kini mencari rute jalan pada peta digital sangatlah mudah.

Baca juga: Tol Jagorawi Arah Jakarta Macet Panjang, Ini Penjelasan Jasa Marga

Namun, pada saat yang bersamaan, pengemudi harus menggunakan ponsel yang mana ini sangat membahayakan diri pengemudi.

Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan jika menggunakan peta sebagai penunjuk jalan saat mengendarai mobil akan aman bila hanya sebentar.

“Asal tidak sering dan atau terlalu lama melihat ke maps aman saja,” kata Marcell pada Kompas.com baru-baru ini.

Berlibur mengendarai mobil pribadi adalah cara teraman selama pandemi.Unsplash/Sam Williams Berlibur mengendarai mobil pribadi adalah cara teraman selama pandemi.

Jika di dalam mobil ada penumpang lain selain pengemudi, maka penumpang tersebut bisa diandalkan untuk menggunakan ponsel saat mobil melaju.

Cara ini akan lebih aman tanpa mengganggu konsentrasi dari pengemudi. Akan tetapi, apabila pengemudi melajukan mobil secara mandiri mau tidak mau harus multitasking saat melihat peta.

Baca juga: Rossi Tak Menyesal Pernah Menolak Formula 1

Marcell menjelaskan, jika peta digital yang ada di ponsel sangatlah aman digunakan bagi pengendara mobil. Apalagi, fitur ini kian canggih dalam memberikan petunjuk arah.

Pengemudi tidak harus terpaku melihat layar ponsel karena bisa di pandu oleh suara. Pengemudi mobil hanya perlu mendengarkan petunjuk suara dari peta digital sambil fokus pada jalan.

"Jika lebih mengandalkan info suara dari maps, ini tidak terlalu membahayakan bagi pengemudi mobil,” tutup Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.