Salah Injak Pedal, Honda Brio Seruduk Minimarket di Kudus

Kompas.com - 29/03/2022, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil bertransmisi matik atau otomatis memang praktis. Sebab, memudahkan pengendaranya dengan hanya tinggal menginjak pedal rem dan gas. Namun, ternyata kemudahan tersebut bisa berujung celaka.

Tak sedikit yang akhirnya menyepelekan kemudahan yang ditawarkan mobil matik. Akhirnya, banyak pengemudi pemula yang ceroboh, khususnya saat akan parkir.

Seperti contoh kasus menimpa pengemudi Honda Brio di minimarket SPBU Hadipolo, Kecamatan Jekulo. Kudus.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @andreli_48, memperlihatkan kondisi minimarket rusak berat akibat diseruduk mobil berkelir kuning itu.

Baca juga: Jangan Lap Kendaraan Pakai Lap Chamois Lagi, Ini Alasannya

Kanit Laka Satlantas Polres Kudus Ipda Firman Abit Prasetya mengatakan, pengemudi mobil salah menginjak pedal saat parkir di depan Alfamart.

“Bukannya menginjak pedal rem justru menginjak pedal gas, kecelakaan pun tak dapat terhindarkan,” ucap Firman dikutip dari Regional Kompas.com, Selasa (29/3/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Andre Li (@andreli_48)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, hal seperti ini banyak terjadi karena pengemudi gagal operasional, khususnya pada pengemudi pemula.

“Pengemudi pemula belum paham dan terampil dalam melakukan SOP yang benar, ini sepele tapi berbahaya. Salah injak gas yang harusnya rem tidak boleh terjadi,” ucap Sony.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan Honda City Sedan Sebagai Penumpang

Menurut Sony, sebaiknya pengemudi pemula tidak serta merta turun ke jalan raya sebelum yang bersangkutan memang sudah layak. Sebab, bisa jadi petaka suatu saat menghilangkan nyawa orang lain.

“Standar mengemudi itu bukan bisa, tapi harus paham dan mampu,” kata Sony.

Sony menambahkan, yang harus dilakukan oleh seorang pengemudi pemula adalah mempelajari A sampai Z operasional yang aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.