Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Injak Pedal, Honda Brio Seruduk Minimarket di Kudus

Kompas.com - 29/03/2022, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil bertransmisi matik atau otomatis memang praktis. Sebab, memudahkan pengendaranya dengan hanya tinggal menginjak pedal rem dan gas. Namun, ternyata kemudahan tersebut bisa berujung celaka.

Tak sedikit yang akhirnya menyepelekan kemudahan yang ditawarkan mobil matik. Akhirnya, banyak pengemudi pemula yang ceroboh, khususnya saat akan parkir.

Seperti contoh kasus menimpa pengemudi Honda Brio di minimarket SPBU Hadipolo, Kecamatan Jekulo. Kudus.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @andreli_48, memperlihatkan kondisi minimarket rusak berat akibat diseruduk mobil berkelir kuning itu.

Baca juga: Jangan Lap Kendaraan Pakai Lap Chamois Lagi, Ini Alasannya

Kanit Laka Satlantas Polres Kudus Ipda Firman Abit Prasetya mengatakan, pengemudi mobil salah menginjak pedal saat parkir di depan Alfamart.

“Bukannya menginjak pedal rem justru menginjak pedal gas, kecelakaan pun tak dapat terhindarkan,” ucap Firman dikutip dari Regional Kompas.com, Selasa (29/3/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Andre Li (@andreli_48)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, hal seperti ini banyak terjadi karena pengemudi gagal operasional, khususnya pada pengemudi pemula.

“Pengemudi pemula belum paham dan terampil dalam melakukan SOP yang benar, ini sepele tapi berbahaya. Salah injak gas yang harusnya rem tidak boleh terjadi,” ucap Sony.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan Honda City Sedan Sebagai Penumpang

Menurut Sony, sebaiknya pengemudi pemula tidak serta merta turun ke jalan raya sebelum yang bersangkutan memang sudah layak. Sebab, bisa jadi petaka suatu saat menghilangkan nyawa orang lain.

“Standar mengemudi itu bukan bisa, tapi harus paham dan mampu,” kata Sony.

Sony menambahkan, yang harus dilakukan oleh seorang pengemudi pemula adalah mempelajari A sampai Z operasional yang aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com