Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama MotoGP Mandalika Diklaim Berjalan Lancar

Kompas.com - 18/03/2022, 17:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika, resmi dimulai. Untuk hari pertama, Jumat (18/3/2022), saat sesi latihan bebas dinilai berjalan lancar di tiap sesinya.

Catatan waktu tercepat pebalap pada hari pertama di Pertamina International Street Circuit ini adalah Fabio Quartararo (Yamaha) dengan 1 menit 31,608.

Perolehan waktu tersebut sekaligus menjadi menjadi rekor tercepat di Sirkuit Mandalika sejauh ini.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Mandalika, Quartararo Tercepat

Catatan Quartararo disusul rekan setimnya, Franco Morbidelli (Yamaha), Johann Zarco (Pramac), Jorge Martin (Pramac), serta Enea Bastianini (Gresini).

Pebalap tim Repsol Honda Spanyol Pol Espargaro bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pebalap tim Repsol Honda Spanyol Pol Espargaro bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Sesi latihan bebas pada Jumat dibuka oleh para pebalap Moto3 pada pukul 09.00 WITA. Selanjutnya, para pebalap MotoGP berganti menjajal lintasan Sirkuit Mandalika pada 10.50 WITA, setelah Moto3, dan kemudian Moto2.

Seperti pada sesi tes pramusim, Pol Espargaro tampil kompetitif pada FP1. Pol membuat catatan waktu 1 menit 33,499 detik di lintasan basah akibat hujan deras sepanjang dini hari dan pagi hari, yang disusul oleh gerimis.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Mandalika - Pol Espargaro Melejit Jadi yang Tercepat

Pebalap KTM Miguel Oliveira, menyusul dengan selisih 0,044 detik dari Pol. Marc Marquez sendiri baru menjajal lintasan setelah 15 menit sesi berjalan dan langsung tancap gas.

Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez competes during the free practice session for the Indonesian Grand Prix MotoGP race at the Mandalika International Circuit at Kuta Mandalika in Central Lombok on March 18, 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)BAY ISMOYO Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez competes during the free practice session for the Indonesian Grand Prix MotoGP race at the Mandalika International Circuit at Kuta Mandalika in Central Lombok on March 18, 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

Juara dunia MotoGP enam kali tersebut sempat menduduki peringkat teratas. Tapi, pada akhirnya Marquez turun ke posisi ketiga pada akhir FP1. Sepuluh pebalap teratas hanya terpisahkan kurang dari satu detik pada sesi FP1 di Sirkuit Mandalika.

FP2 lalu bergulir pada sore hari pukul 15.05 WITA, dengan suhu udara yang jauh lebih panas ketimbang pada pagi hari.

Sesi ini baru berjalan beberapa menit sebelum Quartararo mengalami masalah teknis pada motornya dan dia terhenti setelah tikungan 2.

Francesco Bagnaia saat sesi latihan bebas pada MotoGP Mandalika 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)BAY ISMOYO Francesco Bagnaia saat sesi latihan bebas pada MotoGP Mandalika 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

Sempat berupaya menghidupkan kembali tunggangannya, Quartararo pun menyerah dan mendorong motor Yamaha YZR-M1 miliknya ke service area untuk kembali ke paddock.

Oliveira lalu memimpin perolehan waktu dengan 1 menit 32,707 detik, mengungguli catatan waktu Pol pada FP1.

Pebalap Pramac Racing asal Prancis, Johann Zarco, mengikuti sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pebalap Pramac Racing asal Prancis, Johann Zarco, mengikuti sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Sementara, Quartararo bisa memperbaiki waktunya dan menggeser Oliveira dengan 13 menit tersisa lewat catatan waktu 1 menit 32,570 detik.

Crash low side kecepatan tinggi pun sempat menimpa Marc Marquez di Tikungan 11 saat sesi berada di detik-detik akhir. Beruntung, Marquez tidak cedera serius dan bisa berjalan dari lokasi kejadian.

Sebelum Marquez, Enea Bastianini juga mengalami crash. Pemenang seri sebelumnya ini berhasil bangkit kembali dan tidak mengalami cedera serius.

Pebalap tim Suzuki Ecstar asal Spanyol Alex Rins bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pebalap tim Suzuki Ecstar asal Spanyol Alex Rins bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Quartararo akhirnya memecahkan catatan tercepat sirkuit dengan waktu 1 menit 31,608 detik pada salah satu flying lap terakhirnya.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, mengatakan, dirinya bersyukur hari pertama sesi balap berjalan lancar.

Priandhi juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut mendukung event balap ini.

“Terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan semua pihak yang bersinergi mensukseskan acara ini. Semoga semuanya lancar sampai hari H balapan,” kata Priandhi, dalam keterangan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com