Kompas.com - 16/03/2022, 16:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo baru saja meresmikan pabrik PT Hyundai Motor Manfukaturing Indonesia di Cikarang, Rabu (16/3/2022).

Pada acara tersebut, Joko Widodo juga turut meluncurkan Hyundai Ioniq 5 di Indonesia. Mobil tersebut menjadi Battery Electric Vehicle (BEV) pertama yang diproduksi di tanah air.

"Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia. Diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun ekspor," ucap Joko Widodo, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: Jokowi Resmikan Pabrik Hyundai Cikarang, Momen Paling Ditunggu

IEMS 2021 - Hyundai Motors IndonesiaHyundai Motors Indonesia IEMS 2021 - Hyundai Motors Indonesia

Joko Widodo pun berharap Ioniq 5 bisa menjadi tonggak penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Sehingga memacu pengembangan mobil listrik yang semakin canggih dan diminati.

Euisun Chung, Chairman Hyundai Motor Group mengatakan, hyundai Ioniq 5 akan memainkan peran penting di ekosistem mobil listrik Indonesia yang sedang berkembang.

"Ioniq 5 styling, design, range dan teknologi sudah dinikmati oleh banyak negara dan kami sangat bangga akan diproduksi di Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Ada Tiga Mobil Listrik Baru yang Hadir di Indonesia Tahun Ini

Rumornya, Ioniq 5 yang dijual di Indonesia akan terdiri dari dua varian. Hal ini berdasarkan adanya mobil Hyndai Ioniq 5 yang terdaftar di Samsat DKI Jakarta belum lama ini.

Hyundai Ioniq tercatat pada nomor urut 7 dan 8 dalam kategori Minibus dengan kode nama Ioniq 5 EV AWD AT dan Ioniq 5 EV 2WD AT. Tercantum pula Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk Ioniq 5, di mana sebesar Rp 450 juta dan Rp 473 juta.

Tapi perlu dicatat, angka ini bukan besaran harga yang akan berlaku saat mobil resmi melantai. Hanyalah nilai dasar yang belum ditambahkan pajak berlaku, margin diler, serta lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.