Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Pabrik Hyundai Cikarang, Momen Paling Ditunggu

Kompas.com - 16/03/2022, 13:50 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Pabrik Hyundai (PT Hyundai Motor Manufakturing Indonesia) pada hari Rabu (16/3/2022).

"Momen yang terus saya tunggu-tunggu karena kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan," ucap Joko Widodo dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/3/2022).

Dia juga mengatakan kalau Indonesia harus menjadi pemain penting dalam rantai suplai global di Industri mobil listrik. Hal ini dikarenakan banyaknya sumber daya mineral untuk mendukung pengembangan mobil listrik.

Baca juga: Creta Jadi Tulang Punggung Penjualan Hyundai pada Februari 2022

Pabrik HyundaiKompas.com/Donny Pabrik Hyundai

"Kita punya nickel, cobalt, sebagai material penting untuk baterai lithium. Bauksit yang bisa diolah jadi aluminium dan dapat dimanfaatkan untuk kerangka mobil listrik serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan kabel," ucapnya.

Hilirisasi bahan mentah harus dilakukan agar miningkatkan nilai tambah. Oleh karena itu harus dibangun ekosistem yang kuat untuk membangun industri mobil listrik yang kuat.

"Tahun 2022 ini akan menjadi momen penting untuk pengembangan baterai lithium kendaraan mobil listrik," ucap Joko Widodo.

Baca juga: Absen Ikut Parade, Fabio Quartararo Bersantai di Mandalika

Kemudian, di 2024, mobil listrik yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan baterai listrik dan komponen lainnya yang diproduksi di Indonesia.

"Pemerintah akan terus mendorong peningkatan lokal konten kendaraan listrik dengan memberikan insentif, memangkas berbagai hambatan regulasi sehingga industri hulu kendaraan listrik akan tumbuh," kata Joko Widodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com