Ada Tiga Mobil Listrik Baru yang Hadir di Indonesia Tahun Ini

Kompas.com - 15/03/2022, 14:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Percepatan era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di dalam negeri agaknya semakin agresif pada tahun ini melalui kehadiran produk baru.

Hal tersebut, sebagaimana diungkapkan Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi dalam acara konferensi pers Jakarta Auto Week (JAW) 2022, Selasa (15/3/2022).

Menurut dia, sedikitnya akan ada tiga mobil listrik di Indonesia sepanjang 2022. Namun masih dirahasiakan mengenai produk atau merek apa yang hendak menghadirkannya.

Baca juga: Toyota Mulai Bicara Rencana Jual Mobil Listrik Murni di Indonesia

Ilustrasi mobil listrik IONIQ 5hyundaimotorgroup.com Ilustrasi mobil listrik IONIQ 5

"Untuk mobil listirk baru pada tahun ini, saya rasa akan segera ada," kata dia.

"Minggu besok itu ada undangan pabrik mobil listrik dan produksi di sini. Lalu September 2022 mendatang, akan ada mobil listrik produksi dalam negeri lagi. Kemudian di Agustus yaitu di GIIAS 2022," lanjut Nangoi.

Menariknya dalam acara pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 mendatang itu, kendaraan listrik dimaksud dibawa oleh merek yang juga baru.

Sehingga, seremoninya akan dilakukan secara bersamaan. Berdasarkan bocoran tersebut, besar kemungkinan merek yang dimaksud ialah Cherry melalui EQ1.

Baca juga: Jokowi Dikabarkan Batal Riding Bersama Pebalap MotoGP di Jakarta

iQ Electric Vehicle (EV) milik Toyota.Carscoops.com iQ Electric Vehicle (EV) milik Toyota.

Sebab, salah satu direksinya menyatakan bakal membawa mobil listrik ke pasar dalam negeri sebagai komitmen perseroan untuk serius menggarap pasar Indonesia.

Kemudian dua mobil listrik baru lainnya, kemungkinan besar ialah Ioniq 5 dari Hyundai dan Toyota Kijang Hybrid. Atau, bisa juga dari Wuling dengan platform kendaraan listrik barunya yaitu GSEV.

Mengingat, produsen terkait beberapa waktu belakangan tengah gencar memberikan dialog tentang kendaraan ramah lingkungan untuk pasar di dalam negeri dengan status completely knocked down (CKD) alias rakit lokal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.