Belajar Mobil Matik, Jangan Pakai Kaki Kiri untuk Injak Pedal Rem

Kompas.com - 15/03/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil transmisi matik hanya memiliki dua pedal. Berbeda dengan transmisi manual yang memiliki pedal kopling untuk memindahkan tuas transmisi.

Walaupun hanya ada dua pedal, bukan berarti pengemudi bisa menggunakan dua kaki untuk mengoperasikan pedal sekaligus. Tidak hanya merusak kampas rem, kebiasaan ini ternyata juga berbahaya bagi pengemudi.

Baca juga: Saat Parkir Mobil Matik, Perhatikan Posisi Tuas Transmisi yang Benar

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting menjelaskan, kaki kiri sebaiknya tidak stand-by di pedal rem.

"Demi keselamatan. Terutama bagi yang bsia mengendarai mobil manual, secara kaki kiri sudah ter-setting injak pedal kopling, di mana cara pengoperasian penginjakkan berbeda," ucap Roslianna pada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Meletakkan dua kaki pada pedal operasional juga meningkatkan kemungkinan salah injak pedal khususnya dalam keaddaan panik.

Roslianna menjelaskan, keadaan ini juga bisa diminimalisisr dengan cara menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Sehingga, kaki tidak menginjak pedal operasional secara tiba-taiba atau mendadak.

Rem mobil matikStanly/Otomania Rem mobil matik

"Jika panik, malah injak gas atau rem secara full. Sedangkan, dapat diminimalisisr dengan pandangan jarakjauh dan sekitar. Sehingga kita dapat melakukan observasi sekeliling kita dengan baik dan benar, dan emrespon apapun kejadian dengan tepat di waktu yang tepat," jelas dia.

Selain itu, Aftersales Support Astra Peugeot Samsudin mengatakan bahwa pengereman menggunakan kaki kiri dapat menimbulkan missed feeling bagi pengemudi.

"Selain itu, pengemudi juga dapat secara tidak sengaja menginjak pedal rem dan gas di saat yang bersamaan. Hal ini dapat mempersingkat usia komponen seperti clutch pada transmisi otomatis," kata Samsudin.

Baca juga: MGPA Nyatakan Lintasan Sudah Siap, Sirkuit Mandalika Aman Gelar MotoGP

Sistem operasional pedal pada mobil matik juga berbeda dengan mobil manual, di maan kaki kiri dan kanan memang harus lebih aktif menekan pedal saat akan berpindah transmisi.

Jika hal serupa diterapkan pada mobil matik, dikhawatirkan mobil dapat berhenti mendadak karena penginjakkan pedal gas dan rem yang dilakukan secara bersamaan.

Maka, pengemudi mobil matik disarankan untuk selalu menggunakan kaki kanan saja, untuk bergantian menekan pedal gas dan rem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.