Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Bahaya Tidur di Dalam Mobil Saat AC Menyala

Kompas.com - 15/03/2022, 10:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Mengantuk saat mengendarai mobil menjadi kondisi yang rentan terjadi pada banyak pengemudi.

Mengendarai mobil perjalanan jauh atau sedang menunggu seseorang di dalam kendaraan menjadi hal yang membosankan bagi pengemudi.

Alhasil banyak yang memilih kabin mobil untuk tidur atau beristirahat. Dengan menghidupkan AC, kabin mobil menjadi tempat nyaman dan sejuk untuk tidur.

Baca juga: Bahas Tongkrongan MPV Kia Grand Carnival di Indonesia

Namun, ada bahaya yang mengintai dari kebiasaan tersebut. Telah banyak kejadian korban yang kehilangan nyawa saat tidur di dalam mobil dengan AC yang menyala.

Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan jika tidur di mobil saat AC mati akan membuat seseorang kehilangan nyawa adalah sebuah fakta.

“Kematian seseorang bisa terjadi karena keracunan gas CO yang terkonsentrasi di dalam kabin kendaraan,” kata Marcell baru- baru ini pada Kompas.com.

Ilustrasi mengantuk sambil berkendara.shutterstock Ilustrasi mengantuk sambil berkendara.

Gas CO adalah gas karbon monoksida yang berbahaya bagi kesehatan. Jika terlalu banyak menghirup gas ini, akan membuat pernapasan seseorang bermasalah dan keracunan.

Marcell menjelaskan keracunan gas yang terjadi saat seseorang tidur di dalam mobil dapat terjadi bila ada kebocoran gas buang masuk kedalam kabin.

Jika seseorang tidur di dalam mobil akan keracunan CO, lalu membuat oksigen di dalam tubuh menjadi minim. Alhasil ini dapat menyebabkan beberapa dampak berbahaya.

Mulai dari kelesuan, mengantuk, kebingungan, detak jantung cepat, kelelahan, mual, muntah, pingsan, kejang dan keadaan parahnya adalah kematian.

Baca juga: Beli Mobil Mitsubishi di JAW 2022, Bisa Dipakai Mudik Lebaran?

Ini sangatlah berbahaya dan tidak bisa dianggap remeh. Namun banyak masyarakat sering melakukan kecerobohan yang sangat merugikan dan fatal ini

Maka dari itu sangat dihimbau agar tidak tidur dalam mobil saat keadaan AC nyala.
Kalau memang ingin tidur di dalam mobil, pengendara harus mematikan AC.

“ Kalau ingin tidur di dalam mobil, harus pastikan di tempat aman dan buka jendela selebar 5cm,” kata Marcell.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com