Kompas.com - 11/03/2022, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Hino Motors Sales Indonesia belum lama ini memperkenalkan beberapa produk barunya yang sudah memenuhi standar emisi Euro4. Produk baru ini juga sebagai rangka menyambut kebijakan Euro4 untuk mesin diesel yang berlaku April 2022.

Hino sendiri merupakan salah satu merek pembuat sasis bus yang diperhitungkan di Indonesia. Bahkan salah satu produknya yakni RK 260 menjadi pemimpin penjualan sasis bus dengan GVW 16 ton berdasarkan data Gaikindo 2021.

Pada acara pengenalan produk, Hino merilis satu sasis baru, yakni RM 280. Sasis RM memang pernah hadir di Indonesia, yakni RM 380, sasis premium yang cuma ada dua unit dan keduanya milik PO Harapan Jaya.

Baca juga: Update Bus Hino RK 280, Apa Bedanya dengan Model Sebelumnya?

Sasis bus baru dari HinoDOK. PT HMSI Sasis bus baru dari Hino

Membahas sasis RM 280, mesin yang digunakan adalah J08E-WD dilengkapi dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR), Diesel Oxidation Catalyst (DOC), dan sistem kontrol ECU.

Selain itu di bagian injektor punya ketahanan yang tinggi karena dilapisi dengan bahan DLC atau Diamond Like Coating.

Hasilnya, tenaga dari mesin baru ini meningkat, dari sebelumnya 260 PS kini menjadi 280 PS (276,1 TK) dan torsi 823 Nm dari sebelumnya yang cuma 745 Nm.

Kemudian untuk sasisnya, menggunakan model space frame, sehingga bagasi bisa tembus dari kanan ke kiri. Ini merupakan hal yang baru untuk sasis bus besar merek Hino, mungkin agar bisa menyangi merek lainnya yang sejak lama sudah pakai space frame.

Baca juga: Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Keunggulan dari sasis ini adalah penggunaan suspensi udara dengan model wide. Untuk para pesaingnya, model suspensi udara yang digunakan masih narrow, jadi ini bisa menjadi kelebihan dibanding model sasis lain.

Model suspensi udara tipe wide diklaim punya kestabilan sasis yang lebih baik dibanding narrow. Selain itu, model wide biasanya digunakan untuk bus-bus dengan dimensi yang tinggi, seperti MHD maupun SHD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.