Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Kompas.com - 10/03/2022, 18:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial bila Toyota di Indonesia akan melakukan kampanye perbaikan alias recall untuk SUV murahnya yang baru saja meluncur tahun lalu, yakni Raize.

Dari informasi yang redaksi dapat, pemeritahuan tersebut disebarkan oleh pihak tenaga penjual dari diler kepada konsumen pemilik Raize dengan pesan :

"menginformasikan kepada Bapak/Ibu pemilik mobil jenis TOYOTA RAIZE periode November 2020-Oktober 2021. Mohon maaf, sebagai komitmen Toyota untuk memberikan kualitas produk terbaik saat ini, kami sedang melakukan program RECALL PEMERIKSAAN DAN/ATAU PERBAIKAN FENDER APRON DEPAN pada mobil Bapak/Ibu sebagai langkah preventif untuk memastikan kendaraan Bapak/Ibu dalam kondisi optimal, sesuai ketentuan warranty."

Baca juga: Bedah Kabin Xenia ASA dan Avanza TSS, Mana Lebih Keren?

Tak hanya itu, disebutkan juga untuk proses pergantian fender apron yang bentuknya seperti mangkuk suspensi depan dengan letak berada di bawah kap mesin tersebut, membutuhkan waktu kurang lebih antara 7 - 8 jam perbaikan tanpa biaya alias gratis.

Tampilan ruang mesin Toyota RaizeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan ruang mesin Toyota Raize

Saat mengonformasi hal ini, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy tak menampik adanya kabar soal recall Raize terkait masalah tersebut. Sementara untuk detail lebih lengkapnya, bakal diinformasikan nanti.

"Ya kami sedang siapkan ya untuk konsumen Indonesia, aktifitas ini inline dengan campaign di global. Untuk detail nanti kami informasikan selanjutnya," tulis Anton dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Kamis (10/3/2022).

Sementara itu, saat menghubungi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai pihak yang memproduksi Rocky dan Raize di Indonesia, rupanya masih enggan untuk memberikan informasi lebih detail dan memilih untuk menjelaskan saat konferensi pers.

Baca juga: Keluhan Rocky dan Raize, Indikator Malfungsi sampai Komponen Kaki-kaki

Toyota Raize GR Sport Two Tone Non-TSSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Raize GR Sport Two Tone Non-TSS

"Besok (11/3/2022) saya jawab saat Virtual Press Conference ya," tulis Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, Amelia Tjandra.

Jauh sebelum ada kabar di media sosial, sudah banyak informasi yang beredar terkait masalah suspensi depan Rocky dan Raize dari penggunanya di Indonesia. Namun kabarnya memang tak semua, melainkan hanya unit produksi awal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.