Kompas.com - 01/03/2022, 17:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Jakarta Barat akan memeriksa 40 bengkel resmi yang melayani uji emisi kendaraan bermotor selama 2022 untuk memastikan kelayakannya dan kesesuaian standar pelayanannya.

Dikatakan oleh Pelaksana Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Enrile Indro Prasetyo, ada beberapa aspek yang akan dicek.

"Meliputi izin tempat uji emisi (TUE), sertifikat teknisi, kalibrasi alat uji emisi, dan SOP uji emisi sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk semua bahan bakar," katanya disitat Antara, Selasa (1/3/2022).

Baca juga: Segini Biaya Resmi Uji Emisi Sepeda Motor di DKI Jakarta

Uji emisi di bengkel resmi YamahaDok. YIMM Uji emisi di bengkel resmi Yamaha

"Unsur-unsur tersebut penting untuk diperiksa agar tidak terjadi suatu kesalahan teknis yang berakibat menurunnya kualitas pelayanan uji emisi," lanjut Enrile.

Kegiatan ini, kata dia, selaras dengan program pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyediakan tempat uji emisi yang layak bagi warga.

Dengan demikian, program udara bersih yang digaungkan oleh Pemprov DKI Jakarta akan semakin terealisasi, serta membuat sumbangan Ibu Kota Indonesia untuk Emisi Gas Rumah Kaca (ERK) berkurang.

Baca juga: Mobil Tidak Lulus Uji Emisi, Ini yang Harus Dilakukan

Uji emisi kendaraan roda empat di Depok, Selasa (16/11/2021). Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok memberikan layanan uji emisi kendaraan roda empat secara gratis selama tiga hari ke depan.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Uji emisi kendaraan roda empat di Depok, Selasa (16/11/2021). Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok memberikan layanan uji emisi kendaraan roda empat secara gratis selama tiga hari ke depan.

Pemerintah Kota Jakarta Barat sendiri, saat ini sudah memeriksa delapan bengkel resmi di wilayah Jakarta Barat. Dari jumlah tersebut, belum ditemukan adanya pelanggaran.

"Semua sudah sesuai dengan aturan. Kami belum temukan pelanggaran. Kalau ada pelanggaran, kami berikan sanksi teguran," kata Enrile.

Ia pun berharap dengan kegiatan terkait seluruh bengkel resmi untuk uji emisi di Jakarta Barat bisa memberikan pelayanan terbaik dan layak ke seluruh warga, khususnya pengendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.