Strategi Polisi Atasi Kemacetan di Jalur Puncak Saat Libur Nyepi

Kompas.com - 01/03/2022, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat diprediksi akan kembali dipadati oleh kendaraan bermotor dari para wisatawan saat libur Nyepi yang terjadi pada Kamis (3/3/2022) mendatang.

Sebagai langkah antisipatif, kepolisian setempat telah siapkan beberapa strategi sehingga tidak terjadi kemacetan seperti akhir pekan lalu ketika long weekend Isra Miraj (26-28 Februari 2022).

“Kami melakukan imbauan juga ke masyarakat juga kemudian sepanjang jalur juga kami tempatkan personel Polres Bogor," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Senin (28/2/2022).

Baca juga: Operasi Keselamatan Jaya 2022, Penumpang Juga Harus Pakai Sabuk Pengaman

Arus lalu lintas kendaraan di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, kembali padat pada hari kedua libur panjang atau Minggu (27/2/2022) siang.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Arus lalu lintas kendaraan di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, kembali padat pada hari kedua libur panjang atau Minggu (27/2/2022) siang.

"Jadi untuk membantu kelancaran arus bagi masyarakat yang mengarah ke Puncak, kita tempatkan personel sepanjang jalur Puncak,” lanjut dia.

Selain itu, pihak kepollisian juga meminta pengusaha hotel dan restoran untuk mendata jumlah pengunjung dan kendaraan, supaya memudahkan polisi dalam mengambil langkah tepat sesuai situasi di lapangan.

“Kami akan berkoordinasi dengan hotel dan restoran dari PHRI untuk menghitung volume orang dan kendaraan yang keluar masuk ke arah Puncak, sehingga bisa melakukan langkah-langkah yang tepat sesuai situasi dan kondisi di lapangan,” jelasnya.

Polres Bogor juga menambah kekuatan dengan bantuan dari Polda Jawa Barat apabila terjadi lonjakan kendaraan di kawasan Puncak.

Baca juga: Penyebab Utama Jalur Puncak Bogor Macet Total Akhir Pekan Lalu

Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

Namun ia belum mengatakan lebih jauh skema pengaturan atau rekayasa lalu lintas yang akan diambil, berserta masa berlakunya.

“Terus digelar sesuai dengan yang sudah tergelar saat ini kalau pun ada kekurangan kami ingin memintakan bantuan back-up dari polda," kata Iman.

"Sesuai dari arahan Kapolda tadi juga personil dari Polda akan diperbantukan ke Polres Bogor apabila dibutuhkan penambahan kekuatan untuk pengaturan lalu lintas,” tambahnya.

Seperti diketahui, di kawasan Puncak terjadi kemacetan arus lalu lintas selama berjam-jam pada Minggu (27/2/2-2022). Polisi menyebut ini bisa terjadi terjadi karena volume kendaraan meningkat dari biasanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.