Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Bus Prevost Emerald RV yang Punya Kabin Super Mewah

Kompas.com - 01/03/2022, 16:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Membahas pilihan berlibur saat ini sudah semakin beragam, salah satunya adalah melakukan road trip dengan Recreational Vehicle atau RV.

Populasi RV sendiri di Indonesia sudah cukup banyak. Apalagi di masa pandemi saat ini, jalan-jalan dan menginap di mobil menjadi pilihan aman saat berlibur karena jauh dari orang lain.

RV yang ada di Indonesia kebanyakan menggunakan basis truk engkel empat roda, mengingat kondisi jalan di Indonesia yang sempit dan berliku. Kalau bicara soal RV, bisa dilihat betapa mewahnya RV yang ada di luar negeri, salah satunya adalah Amerika Serikat.

Baca juga: Dasar Utama Membuat RV atau Camper Van Wajib Aman


Dikutip dari video Youtube The Fast Lane Truck, perusahaan pembuat bus Prevost dibantu oleh Emerald Luxury Coaches membuat RV yang super mewah. RV ini memakai basis bus Prevost H3-45 dengan panjang 45 foott (13,7 meter) dan lebar 8 foot (2,4 meter) dan tinggi sekitar 13 foot (3,9 meter).

Secara bagian eksterior, bus ini dilabur dengan warna hitm dan livery emas. Selain itu, walau lebarnya hanya 2,4 meter, beberapa bagian bus bisa diperbesar ketika sedang berhenti yang menambah kelegaan kabin.

Sebelum masuk kabin, terdapat bel dengan kamera layaknya yang dipasang pada rumah. Ketika masuk, penumpang akan menikmati kabin yang super nyaman dengan warna interior beige yang menambah kesan lega.

Baca juga: Jalur Puncak Macet Parah, Bogor-Jakarta Ditempuh 17 Jam

Kabin di bus Prevost Emerald ini bisa dibagi jadi beberapa bagian, seperti ruang keluarga, ruang makan, dapur, kulkas, sampai kamar tidur di bagian belakang. Selain itu, Emerald memberikan tablet yang bisa mengendalikan segala fungsi yang ada di kabin seperti tirai, AC, lampu, dan lainnya.

Selain di bagian kabin yang mewah, Prevost Emerald punya fitur-fitur eksterior yang cerdas, cocok untuk piknik. Misalnya seperti awning otomatis, kursi lipat yang tersimpan rapi di bagasi dan TV berukuran 65 inci.

Kabin Prevost Emerald H3-45 RVTFLTRUCK.COM Kabin Prevost Emerald H3-45 RV

Soal dapur pacu, bus dengan berat sekitar 55.000 pounds (24,9 ton) menggunakan mesin diesel 13.000 cc enam silinder segaris buatan Volvo. Mesin besar tersebut menghasilkan tenaga 500 TK dan torsi 2.300 Nm.

Selain itu, Prevost Emerald juga dilengkapi dengan baterai lithium dan solar panel sebagai sumber listrik ketika bus berhenti. Kemudian, bus ini juga menggendong mesin kedua yang berfungsi sebagai generator merek Isuzu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com