Bahas Bus Prevost Emerald RV yang Punya Kabin Super Mewah

Kompas.com - 01/03/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Membahas pilihan berlibur saat ini sudah semakin beragam, salah satunya adalah melakukan road trip dengan Recreational Vehicle atau RV.

Populasi RV sendiri di Indonesia sudah cukup banyak. Apalagi di masa pandemi saat ini, jalan-jalan dan menginap di mobil menjadi pilihan aman saat berlibur karena jauh dari orang lain.

RV yang ada di Indonesia kebanyakan menggunakan basis truk engkel empat roda, mengingat kondisi jalan di Indonesia yang sempit dan berliku. Kalau bicara soal RV, bisa dilihat betapa mewahnya RV yang ada di luar negeri, salah satunya adalah Amerika Serikat.

Baca juga: Dasar Utama Membuat RV atau Camper Van Wajib Aman


Dikutip dari video Youtube The Fast Lane Truck, perusahaan pembuat bus Prevost dibantu oleh Emerald Luxury Coaches membuat RV yang super mewah. RV ini memakai basis bus Prevost H3-45 dengan panjang 45 foott (13,7 meter) dan lebar 8 foot (2,4 meter) dan tinggi sekitar 13 foot (3,9 meter).

Secara bagian eksterior, bus ini dilabur dengan warna hitm dan livery emas. Selain itu, walau lebarnya hanya 2,4 meter, beberapa bagian bus bisa diperbesar ketika sedang berhenti yang menambah kelegaan kabin.

Sebelum masuk kabin, terdapat bel dengan kamera layaknya yang dipasang pada rumah. Ketika masuk, penumpang akan menikmati kabin yang super nyaman dengan warna interior beige yang menambah kesan lega.

Baca juga: Jalur Puncak Macet Parah, Bogor-Jakarta Ditempuh 17 Jam

Kabin di bus Prevost Emerald ini bisa dibagi jadi beberapa bagian, seperti ruang keluarga, ruang makan, dapur, kulkas, sampai kamar tidur di bagian belakang. Selain itu, Emerald memberikan tablet yang bisa mengendalikan segala fungsi yang ada di kabin seperti tirai, AC, lampu, dan lainnya.

Selain di bagian kabin yang mewah, Prevost Emerald punya fitur-fitur eksterior yang cerdas, cocok untuk piknik. Misalnya seperti awning otomatis, kursi lipat yang tersimpan rapi di bagasi dan TV berukuran 65 inci.

Kabin Prevost Emerald H3-45 RVTFLTRUCK.COM Kabin Prevost Emerald H3-45 RV

Soal dapur pacu, bus dengan berat sekitar 55.000 pounds (24,9 ton) menggunakan mesin diesel 13.000 cc enam silinder segaris buatan Volvo. Mesin besar tersebut menghasilkan tenaga 500 TK dan torsi 2.300 Nm.

Selain itu, Prevost Emerald juga dilengkapi dengan baterai lithium dan solar panel sebagai sumber listrik ketika bus berhenti. Kemudian, bus ini juga menggendong mesin kedua yang berfungsi sebagai generator merek Isuzu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.