Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif ke Puncak Lewat Jalur Puncak II, Ini Rutenya

Kompas.com - 01/03/2022, 12:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kemacetan yang terjadi di jalur Puncak Bogor maupun Puncak Cianjur pada Minggu (27/2/2022) telah menyebabkan ribuan kendaraan terjebak.

Sejumlah jalan alternatif dicari pengendara untuk keluar dari kemacetan tersebut, salah satu yang bisa dipilih adalah jalur Puncak II, yang terbentang sepanjang 50-60 km.

Jalur Puncak II yang merupakan jalan poros tengah timur, yang rencananya dibangun mulai dari daerah Sentul (Bogor) - Babakan Madang - Hambalang - Sukamakmur - Pacet - Istana Cipanas (Cianjur).

Baca juga: Rumus Benar Menyetir Mobil Manual di Tanjakan

Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

Meski begitu, pembangunan jalur tersebut saat ini mangkrak. Saat ini jalur tersebut bisa dilewati, namun sebagian besar rusak dan licin.

Padahal, keberadaan jalur alternatif penghubung Bogor-Cianjur itu diyakini bisa menjadi solusi konkret dalam mengurai kemacetan.

Utamanya, kemacetan yang kerap terjadi di jalur utama (jalur Puncak) pada saat musim liburan dan akhir pekan.

Baca juga: Rendering Honda CL500, Bisa Jadi Lawan Ducati Scrambler

Pembangunan Jalur Puncak II di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, terbengkalai menunggu kabar dari pemerintrah pusat untuk dituntaskan. ANTARA FOTO/Ahmad Fikri Pembangunan Jalur Puncak II di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, terbengkalai menunggu kabar dari pemerintrah pusat untuk dituntaskan.

“Untuk hari Minggu pagi hingga malam, kendaraan yang melintas di jalur Puncak II didominasi dari luar kota dengan tujuan Bogor,” ujar Rendi, tokoh pemuda Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, disitat dari Antara (1/3/2022).

“Untuk hari ini, hitungan ratusan kendaraan masih melintas, guna menghindari macet di jalur Puncak yang masih terjadi,” kata dia.

Bagi pengendara mobil maupun motor yang mau mencoba jalur tersebut, silakan arahkan kendaraan Anda ke kawasan Sentul.

Baca juga: MGPA Menyetujui Arahan Jokowi untuk Turunkan Kapasitas Penonton MotoGP

AEON Mall Sentul City, Bogor, Jawa BaratSentul City AEON Mall Sentul City, Bogor, Jawa Barat

Buat mobil pilih jalan ke arah Aeon Mal di Sentul City. Sementara motor bisa lewat Sirkuit Sentul, lalu ikuti jalan yang menuju Sentul International Convention Centre.

Kemudian pilih jalan menuju Pasar Babakan Madang, lalu masuk ke Jalan Mahkota Pirius untuk menuju Jalan Hambalang Golf.

Awalnya kondisi jalan terbilang bagus, yakni dengan struktur jalan beton. Kemudian makin lama, jalan semakin jelek, sampai akhirnya masuk ke dalam Jalan Rencana Jalur Puncak 2, yang didominasi bebatuan.

Baca juga: Unik, Mobil Ini Diparkir di Ruang Tamu Rumah

Istana CipanasKemendikbud RI Istana Cipanas

Selain itu, sepanjang jalur ini masih minim SPBU. Paling hanya tersedia penjual bensin eceran. Oleh sebab itu, mobil atau motor sebaiknya diisi penuh dulu sebelum masuk jalur ini.

Sementara itu, pastikan juga kondisi kendaraan fit. Pasalnya, jalur ini juga masih minim bengkel umum.

Lantas, jika Anda terus mengikuti jalan tersebut, sampai lebih kurang 3-4 jam, kendaraan bakal sampai ke kawasan Kota Bunga atau Istana Cipanas.

Artinya, Anda bakal melewati kemacetan yang terjadi di Megamendung, Simpang Gadog, Cisarua, sampai Puncak Pass.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com