Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Sore Hari, Jalur Puncak Berangsur Normal

Kompas.com - 28/02/2022, 16:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas kendaraan bermotor di wilayah Puncak, Bogor berangsur normal setelah diterapkannya sistem satu arah atau one way Jakarta karena terdapat kenaikan volume secara signifikan pada Senin (28/2/2022) siang.

Petugas kepolisian mulai membuka pembatas jalan pada pukul 12.46 WIB dan membuat kendaraan arah Jakarta menuju Puncak diizinkan melintas. Sehingga, penumpukkan di Simpang Gadog, Puncak, Bogor menipis.

“Iya kini pintu Tol Ciawi, Gadog, mulai dibuka," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Senin.

Baca juga: Jalur Puncak Macet Parah, Bogor-Jakarta Ditempuh 17 Jam

Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

Berdasarkan laporan, arus lalu lintas di kedua arah pada titik itu tampak ramai lancar.

Kendaraan berpelat ganjil dan genap yang dari arah Jakarta juga saat ini diperbolehkan melintas ke Puncak, Bogor. Polisi belum menerapkan ganjil-genap agar tidak terjadi kepadatan kembali.

Sebelumnya, Polres Bogor memberlakukan one way di kawasan Puncak, Bogor, siang ini untuk mengantisipasi kemacetan. One way diberlakukan dari arah Puncak ke bawah ke arah Jakarta.

Baca juga: Rumus Benar Menyetir Mobil Manual di Tanjakan

“Saat ini kita berlakukan one way dari arah Puncak ke Jakarta,” Iman.

Ia pun mengatakan durasi one way sangat berlaku situasional dengan tujuan untuk mencairkan kemacetan lalu lintas dari arah Cianjur menuju Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com