Puluhan Supermoto Masuk Tol Kelapa Gading, Polisi Harus Tindak Pelaku

Kompas.com - 01/03/2022, 12:21 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial puluhan pengendara sepeda motor bergaya supermoto melintas di jalan tol. Peristiwa terjadi di Tol Kelapa Gading-Pulogebang pada, Sabtu (26/2/2022).

Berdasarkan keterangan di video, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 03.00 WIB. Para pengendara supermoto itu ditengarai masuk melalui pintu tol di Cakung, Jakarta Timur.

Baca juga: Operasi Keselamatan Jaya 2022 Incar Helm Non-SNI, Begini Mekanisme Pengecekannya

Dalam video yang diunggah akun Instagram Merekam Jakarta, terlihat pengendara motor melakukan akrobat berdiri di motor dan memakai seluruh lajur jalan tol yang sangat berbahaya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Lewat Kamera (@merekamjakarta)

Pihak kepolisian mengatakan akan mencari para pelaku dan sedang mengidentifikasi lewat rekaman kamera CCTV.

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum, mengatakan, kejadian pemotor masuk tol sudah sering terjadi. Baik yang sifatnya tidak sengaja ataupun disengaja.

"Pengendara motor masuk atau melintas di jalan tol sudah sering terjadi. Saya yakin bahwa mereka sudah tahu bahwa jalan tol hanya diperuntukan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih," kata Budiyanto kepada Kompas.com, Selasa (1/3/2022).

Baca juga: Benarkah Headrest Bisa Pecahkan Kaca Mobil Dalam Keadaan Darurat?

Referensi modifikasi Yamaha WR 155 R bergaya supermoto oleh Yamaha JogjaDok. Yamaha Jogja Referensi modifikasi Yamaha WR 155 R bergaya supermoto oleh Yamaha Jogja

Budiyanto menyebut, para pelaku bisa leluasa masuk tol karena menggunakan titik kelemahan petugas dan managemen tol.

"Apapun modusnya sepeda motor bisa masuk di jalan tol adalah kelemahan manajemen pengawasan baik yang dilakukan oleh petugas tol dan petugas Polri yang ditugaskan di ruas jalan tol," ungkapnya.

Budiyanto mengatakan, ada beberapa modus yang biasa digunakan pelaku pelanggaran motor masuk tol.

"Modus mereka masuk ke jalan tol ada yang melewati pintu keluar tol dengan melawan arus,
rambu-rambu tidak jelas, ada juga ingin coba mudah-mudahan lepas dari pantauan petugas," katanya.

Baca juga: Demi Mengurangi Emisi, MotoGP Tidak Akan Gunakan Mesin Hybrid

Jasa Marga mencatat sebanyak 165.752 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 libur Isra Miraj Tahun 2022 atau 25 Februari 2022. Dok. Jasa Marga Jasa Marga mencatat sebanyak 165.752 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 libur Isra Miraj Tahun 2022 atau 25 Februari 2022.

Karena itu, mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya tersebut mengatakan, sistem CCTV yang dipasang mesti bisa cepat diakses kemudian langsung ditindak.

"Sistim pengawasan dengan CCTV yang dipasang di jalan tol seharusnya dapat diakses dengan cepat sehingga terdeteksi dan mengambil langkah-langkah dengan cepat," katanya.

"Pengamanan dan pengawasan secara fisik perlu ada variasi baik penjagaan secara stasioner dan dengan cara mobile atau patroli," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.