Kompas.com - 28/02/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen pasar sepeda motor skuter matik (skutik) memang masih ramai hingga saat ini. Terbukti dari populasi skutik yang mendominasi jalanan dibandingkan jenis sepeda motor lainnya.

Salah satu nama yang masih eksis hingga belasan tahun di pasar skutik dalam negeri yakni Honda BeAT. Hingga tahun ini, terhitung Honda BeAT sudah dipasarkan Astra Honda Motor (AHM) dalam empat generasi sejak 2008.

Honda BeAT yang beredar pada kurun waktu 2008-2012 menjadi generasi pertama skutik tersebut. Dengan mesin SOHC 108 cc, Honda BeAT masih mengadopsi sistem pengabutan karburator. Oleh sebab itu generasi pertama skutik ini umum dijuluki BeAT Karbu.

Baca juga: Ariel NOAH Pakai Shogun, Berapa Kisaran Biaya Restorasinya?

Meski belum dibekali teknologi injeksi, Honda BeAT generasi pertama masih banyak dicari. Sebab perawatannya belum serumit versi injeksi.

Karena saat ini AHM hanya memasarkan Honda BeAT dengan sistem pengabutan injeksi, cara termudah untuk mendapatkan BeAT Karbu adalah mencarinya di bursa motor bekas.

Ilustrasi Honda BeAT generasi pertamaIstimewa Ilustrasi Honda BeAT generasi pertama

Dari pantauan di sejumlah bursa motor bekas daring, Minggu (28/2/2022), Honda BeAT Karbu dibanderol mulai Rp 4 jutaan untuk unit rakitan tahun pertamanya mengaspal di Tanah Air.

Baca juga: Ini Helm Mahal yang Dipakai Ariel NOAH Saat Naik Suzuki Shogun

Namun umumnya, Honda BeAT Karbu dijual pada rentang harga Rp 5 jutaan hingga Rp 8 jutaan, tergantung kondisi unit secara keseluruhan, varian warna, kelengkapan surat kepemilikan, dan status pajaknya.

Oleh sebab itu, pastikan Honda BeAT Karbu yang akan dibeli memiliki kondisi siap jalan. Cek kondisi mesin, sistem transmisi matik, kelistrikan, hingga kaki-kakinya. Tanyakan pula riwayat perawatan kepada pemilik sebelumnya.

Sebagai gambaran, berikut kisaran harga bekas Honda BeAT Karbu generasi pertama pada akhir Februari 2022.

  • 2008: Rp 4,5 juta - Rp 8 juta
  • 2009: Rp 5 juta - Rp 9 juta
  • 2010: Rp 5 juta - Rp 9,5 juta
  • 2011: Rp 5 juta - Rp 10 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.