Ariel NOAH Pakai Shogun, Berapa Kisaran Biaya Restorasinya?

Kompas.com - 27/02/2022, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nazril Irham alias Ariel NOAH tak cuma suka motor besar tapi juga motor bebek Suzuki Shogun 110R. Motor yang digunakannya sejak duduk di bangku SMA.

Ketika motor itu rusak Ariel tak hanya memperbaiki tapi sekalian juga merestorasinya. Alhasil generasi kedua Shogun yang eksis pada 2000 hingga 2004 tersebut kembali seperti baru.

Baca juga: Jasa Marga Perbaiki Gardu 10 GT Bekasi Timur, Tidak ada Rekayasa Lalin

@boriel.n Balas @never.die30 ? Dj Pompa Bomtetet - Dede Kelvin

 

Wahyu Diwa, punggawa Diwa Creative Studio di Depok, Jawa Barat, mengatakan, peminat orang untuk merestorasi Shogun tidak sebesar model Suzuki yang lain semisal Suzuki TS125 atau Satria 2-tak.

"Sebetulnya Shogun itu tidak terlalu banyak (buat restorasi) beda dengan Satria 2-tak itu banyak sekali. Kemudian Suzuki TS 125 juga. Tapi yang pasti yang main Suzuki itu biasanya fanatik," kata Diwa kepada Kompas.com, Minggu (27/2/2022).

Ariel merestorasi motor bebek Suzuki Shogun miliknya sendiriDok. Ariel Noah Ariel merestorasi motor bebek Suzuki Shogun miliknya sendiri

Diwa mengatakan, untuk merestorasi Shogun sebetulnya tidak beda dengan motor lain. Hanya saja pada umumnya restorasi motor Suzuki lebih mahal ketimbang merek lain.

"Karena Suzuki barangnya tidak ada yang KW atau yang indo tapi bukan KW. Jadi harganya juga lebih mahal dan sulit. Itu makanya aftersales Suzuki sulit, karena mahal," katanya.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Honda yang Menerima Insentif PPnBM

Untuk merestotasi Shogun kata Diwa tergantung budget masing-masing. Sebab melakukan restorasi tidak ada pakem, dalam arti pemilik bisa mengganti komponen semaunya sesuai kebutuhan.

Suzuki Shogun 110RFoto: Suzuki Indomobil Sales Suzuki Shogun 110R

"Tapi pada dasarnya sama saja seperti motor lain. Misalkan kalau Astrea Grand lebih murah ini lebih mahal. Kemudian restorasi juga tergantung dari kondisi fisik motornya seperti apa," katanya.

"Kondisi (motor) semakin hancur pasti biayanya lebih mahal. Kemudian mau sebanyak apa komponen diganti. Tapi kalau kisaran buat restorasi mungkin Rp 10 juta-Rp 15 jutaan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.