Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangkat Suspensi Depan Diprotes, Ini Kata Bos Ducati

Kompas.com - 18/02/2022, 18:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tes pramusim MotoGP 2022, Ducati menggunakan 'Front Ride Height Adjuster'. Perangkat ini dapat mengatur tinggi rendah suspensi depan secara manual.

Pabrikan lain kemudian protes dan mendesak Dorna Sports untuk melarang perangkat tersebut. Sebab dianggap akan mendorong pabrikan lain mengembangkan hal serupa.

Komponen seperti itu dinilai bakal membuang banyak uang untuk riset. Kemudian aplikasinya juga belum terbukti dapat membuat pebalap lebih cepat di lintasan.

Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

Salah satu pihak yang paling keberatan ialah Aprilia. Petinggi Apilia Romano Albesiano, menilai sistem ini tidak terlalu berguna tetapi bakal mendorong pabrikan lain menggunakan hal sama.

Direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti menanggapi kontroversi yang muncul. Dia menegaskan bahwa Ducati selalu "berinovasi sambil tetap berada dalam regulasi".

“Kami telah mengembangkan sistem yang membutuhkan waktu dan investasi dari pihak perusahaan, kami menyesal mendengar bahwa ini dipertanyakan,” kata Ciabatti mengutip Tuttomotoriweb.it, Jumat (18/2/2022).

Ducati sendiri merupakan pabrikan motor yang paling inovatif di MotoGP. Meski demikian beberapa inovasi yang dilakukan beberapa kali mengundang pro dan kontra.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap di Kawasan Wisata Jakarta Ditiadakan

Bos Ducati, Paolo Ciabatti.MOTOGP.com Bos Ducati, Paolo Ciabatti.

Sebelumnya, Ducati sempat diprotes dengan penggunaan winglet. Tapi, sekarang semua pabrikan sudah menggunakannya juga untuk meningkatkan aerodinamika.

Front Ride Height Adjuster sebetulnya pengembangan 'Rear Ride Height Adjuster' atau holeshot yang dapat membantu motor saat start. Holeshot ini juga diperkenalkan oleh Ducati.

Awalnya fungsi holeshot hanya untuk start saja. Tapi berkembang agar bisa diaktifkan saat balapan dan berguna untuk mengurangi risiko wheelie saat motor keluar tikungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com