Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Fitur All New Veloz Tipe Tertinggi, Ada Fitur Kamera 360

Kompas.com - 18/02/2022, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas dari sisi tampilan dan interior All New Veloz, kini giliran tim redaksi membahas tentang fitur dan teknologinya.

Untuk diketahui, tim redaksi berkesempatan untuk mencoba Toyota Veloz tipe Q CVT TSS (Toyota Safety Sense) atau merupakan varian tertinggi dari Toyota Veloz.

MPV dari Toyota ini sudah dibekali fitur-fitur terbaru seperti progressive rear combination lamp, auto retractable mirror, lingkar kemudi yang sudah tilt dan telescopic yang dilengkapi dengan tombol pengaturan audio dan MID juga sudah terpasang.

Termasuk head unit 9 inci, new parking brake dan brake hold, sampai penggunaan cakram pada keempat rodanya.

Baca juga: Bedah Interior Toyota Veloz, Kabin Lebih Mewah dan Nyaman

Toyota All New VelozVIO Toyota All New Veloz

Khusus versi Veloz Q CVT TSS sudah mengusung perangkat keselamatan aktif seperti yang disematkan pada Toyota Raize. Hanya saja, Veloz belum dilengkapi dengan fitur cruise control namun sudah diberikan tambahan tiga mode berkendara serta new rear seat entertainment.

TSS pada Veloz terdiri dari Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar gun membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Lalu ada fitur Pedal Miss Operation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Fitur TSS (Toyota Safety Sense) pada Vellfire dan AlphardDok. Toyota Fitur TSS (Toyota Safety Sense) pada Vellfire dan Alphard

Selanjutnya ada Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan.

Terakhir Front Departure Alert yang memberikan peringatan ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Tak hanya itu, Toyota Veloz Q CVT TSS juga sudah mengadopsi teknologi kamera 360 yang terintegrasi dengan fitur surround monitor. Fitur ini membantu pengemudi menambah visibilitas ketika hendak parkir atau melaju di area yang relatif sempit.

Kamera 360 Toyota VelozKompas.com/ApridaMegaNanda Kamera 360 Toyota Veloz

Baca juga: Simak Daftar Harga Pajero Sport Bekas per Februari 2022

Dari head unit, gambar yang tertangkap oleh kamera 360 akan ‘dijahit’ sehingga pengemudi bisa melihat situasi sekitar mobil tanpa terputus.

Sistem kamera 360 ini menampilkan pemandangan dalam mode tampak atas. Tapi ada juga sistem yang mampu menampilkan gambar segala arah di sekitar mobil.

Dengan ragam kemewahan baru yang membuat All New Veloz naik kelas, ternyata untuk urusan harga masih kompetitif, yakni Rp 291,5 juta untuk tipe Q CVT TSS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com