Ekspor Mobil Tembus 80 Negara, Jokowi Apresiasi Kualitas SDM Lokal

Kompas.com - 16/02/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia resmi melakukan ekspor perdana Fortuner produksi Karawang, Jawa Barat, untuk pertama kalinya ke Australia.

Langkah ini mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia, yang memiliki kualifikasi dan mampu bersaing di tingkat global dalam memproduksi mobil untuk ekspor.

"Saya sangat menghargai, sangat mengapresiasi, karena apapun tadi kita sudah melihat produknya Fortuner, selain produk-produk yang lain, ini dihasilkan oleh SDM-SDM Indonesia yang memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor," kata Jokowi dalam sambutannya selepas meninjau kegiatan produksi di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Kabupaten Karawang, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Mulai Ekspor ke Australia, Toyota Ingin Indonesia Menjadi Hub-Ekspor

Menurut Jokowi, mobil ekspor yang dihasilkan produsen di Indonesia akan bersaing dengan produk-produk dari negara produsen mobil lainnya.

Mobil jenis Fortuner yang akan diekspor PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ke Australia.KOMPAS.COM/FARIDA Mobil jenis Fortuner yang akan diekspor PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ke Australia.

Dengan demikian, makan konsumen nanti akan memilik produk bila produk tersebut memiliki kualitas dan kualifikasi yang baik.

"Ini membuktikan bahwa SDM-SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang baik dalam memproduksi mobil. Sangat teliti, sangat cermat, sangat hati-hati karena ini menyangkut keselamatan orang," ujar Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi cukup senang dengan kinerja industri otomotif yang kini sudah bisa menembus pasar ekspor lebih dari 80 negara di empat benua. Apalagi untuk produk yang dipasarkan Toyota telah memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) lebih dari 75 persen.

Baca juga: Toyota Indonesia Catat Pencapaian Ekspor 2 Juta Unit Kendaraan Utuh

Hal tersebut diklaim sangat baik bagi ekosisten usaha kecil, mengingat banyak komponen dan spare part, serta aksesori pada mobil tersebut disuplai dari industri UKM.

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melepas ekspor perdana profuk otomotif mobil jenama Fortuner ke Australia, di Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/2/2022).Dokumentasi Humas Kementerian Perindustrian Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melepas ekspor perdana profuk otomotif mobil jenama Fortuner ke Australia, di Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/2/2022).

Jokowi juga menilai dimulainya ekspor ke Australia, merupakan langkah TMMIN untuk mengambil peluang di tengah pandemi Covid-19.

"Pandemi juga membuka untuk kita bisa mengambil peluang dan kesempatan yang ada, baik itu mengambil pasar-pasar baru, yang peluang itu telah hari ini telah terbukti diambil kesempatan itu dengan baik oleh PT Toyota Motor Manufacturing dengan ekspor perdananya ke Australia," ujar Jokowi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.