Kompas.com - 15/02/2022, 18:32 WIB
|

LONDON, KOMPAS.com - Triumph, mengabarkan sepeda motor listrik Triumph TE-1 masuk proses pengembangan akhir. Prototipe motor segera masuk tes setelah pengembangan tiga tahun.

Triumph TE-1 sendiri dikembangkan di pabrik Triumph berkerjasama dengan Williams Advanced Engineering (WAE), spesialis baterai dan modul motor listrik.

Baca juga: Konsep Big Wheels Bike, Yamaha XSR155 Pakai Ban Gendut

Produsen asal Inggris itu bertanggung jawab atas desain bodi, sedangkan WAE bertanggung jawab untuk pengembangan modul dan baterai berkinerja tinggi.

Desain prototype motor listrik Triumph TE-1Dok. Triumph Desain prototype motor listrik Triumph TE-1

Mengulik desain, Triumph TE-1 sedikit banyak masih mengambil desain saudaranya. Fasia depan terutama headlamps sedikit banyak terlihat mirip dengan Triumph Triple.

Sedangkan WAE mengembangkan baterai. Perusahaan juga bertanggung jawab terhadap efek pusat gravitasi mobil serta pendinginan komponen elektrik.

Dyrr Ardash mengatakan, Kepala Kemitraan Strategis WAE, mengatakan, setelah periode pengujian yang lama pihaknya sangat senang akhirnya melihat pekerjaannya hampir tuntas.

Baca juga: Ketika Yamaha Fazzio Hybrid Disulap Jadi Kado Valentine...

Sasis prototype motor listrik Triumph TE-1Dok. Triumph Sasis prototype motor listrik Triumph TE-1

Triumph TE-1 menggunakan powertrain Inverter Terintegrasi, yang mencakup motor listrik. Berat totalnya hanya 10 kg dan mampu berakselerasi hingga mencapai 174,3 tk dalam waktu singkat.

Disebutkan tenaga maksimum periodiknya mencapai 120,7 tk di mana sistem Integrated Inverter memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan tenaga lebih dari 670 tk.

Proyek TE-1 didanai Departemen Perhubungan untuk Kendaraan Tanpa Emisi Inggris. Pengujian diharapkan akan selesai 2022, dan penjualan resmi diharapkan mengentak pada 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.