Jokowi Lepas Ekspor Toyota Fortuner Buatan Indonesia ke Australia

Kompas.com - 15/02/2022, 15:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas ekspor perdana Toyota Fortuner buatan Indonesia untuk tujuan Australia di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/2/2022).

Seremoni dari langkah bersejarah tersebut berbarengan dengan aktivitas ekspor ke-2 juta unit oleh Toyota Indonesia. Menandakan bahwa sumber daya manusia dalam negeri memiliki kualifikasi yang baik.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya luncurkan pelepasan ekspor ke-2 juta unit oleh PT TMMIN ini dan ekspor perdana Fortuner ke Australia," kata dia.

Baca juga: Evaluasi dan PR Sirkuit Mandalika Sebelum MotoGP 2022, Kondisi Aspal Paling Disorot

Ilustrasi produksi mobil Toyota Fortuner di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat.Istimewa Ilustrasi produksi mobil Toyota Fortuner di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat.

Jokowi bilang, sangat mengapresiasi langkah Toyota untuk memperluas pasar ekspor. Apalagi, mobil yang dikirim merupakan buatan Indonesia dengan kandungan lokal mencapai lebih dari 75 persen.

Menurutnya, SDM yang memproduksi mobil untuk diekspor ke luar negeri ini sangat teliti, cermat, dan hati-hati. Sebab, menyangkut keselamatan orang lain.

"Hati-hati produk ekspor itu akan berkompetisi dengan produk-produk lain dari negara-negara produsen mobil. Jadi bukan hanya sendirian di pasar, tapi bersaing," kata dia.

"Dan konsumen akan memilih kalau, produk kita memiliki kualitas, memiliki kualifikasi yang baik untuk dipakai. Ini membuktikan bahwa SDM dalam negeri memiliki kualifikasi yang baik dalam memproduksi mobil," tambah Jokowi.

Dengan langkah itu pula, maka secara resmi Indonesia telah mengekspor mobil hampir ke 80 negara dengan cangkupan empat benua, yaitu Asia, Australia, Amerika, dan Afrika.

"Saya senang juga bahwa kandungan lokalnya, TKDN-nya, sudah lebih dari 75 persen. Jadi banyak sparepart yang disuplai oleh UKM kita," kata dia.

Baca juga: Menperin Sebut Toyota Siap Memproduksi Kijang Hybrid di Indonesia

Pabrik TMMIN I di Karawang, Jawa Barat, yang memproduksi Toyota Fortuner dan Innova.TMMIN Pabrik TMMIN I di Karawang, Jawa Barat, yang memproduksi Toyota Fortuner dan Innova.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam kesempatan serupa juga mengatakan, ekspor mobil ke Australia ini merupakan arahan Jokowi untuk memperluas pasar ekspor kendaraan.

"Sama dengan Jepang, ketika kita mengekspor kendaraan ke Australia, yang dikenal memiliki spesifikasi yang ketat antara lain spesifikasi bahan bakar, spesifikasi emisi, dan spesifikasi keamanan," ucap dia.

Dia menambahkan, ini merupakan salah satu tonggak bersejarah kebangkitan produk otomotif Indonesia yang sesuai standar global. Terlebih, mobil yang diekspor ini menggunakan komponen lokal yang tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.