Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Fortuner Kuasai Pasar SUV Ladder Frame Januari 2022

Kompas.com - 15/02/2022, 16:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan bermotor jenis sport utility vehicle (SUV) dengan sasis model tangga atau ladder frame merupakan salah satu yang tertua di industri otomotif.

Sasis ladder frame memanfaatkan kombinasi atas dua balok panjang dan pendek yang berat untuk menopang mobil. Berkat sasis tersebut, kendaraan jadi bisa digunakan ke berbagai jenis medan jalan tanpa mengurangi kenyamanan.

Saat ini di pasar otomotif Tanah Air, ada 3 nama dari Jepang yang mengisi segmen SUV ladder frame, yakni Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Spot, dan Isuzu MU-X.

Baca juga: Mobil Diesel Diisi Pertamax, Akhirnya Diangkut Towing

Pajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Pajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2

Dilansir dari data wholesales alias distribusi pabrik ke diler yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk Januari 2022, nampak Toyota Fortuner berhasil menduduki peringkat pertama dengan penjualan sebanyak 2.492 unit.

Fortuner memang tengah naik daun di awal 2022 berkat peluncuran varian terbarunya yang bermesin diesel 1GD 2.800 cc pada pertengahan Januari kemarin. Khusus varian barunya, Fortuner mencatatkan penjualan sebanyak 902 unit di bulan tersebut.

Di peringkat kedua wholesales SUV ladder frame, ada Mitsubishi Pajero Sport dengan catatan penjualan 2.151 unit. Sementara Isuzu MU-X menjadi pemanis di posisi ketiga dengan penjualan 1 unit mobil saja sepanjang Januari 2022.

Baca juga: Media Asing Sebut Sirkuit Mandalika Mesti Diaspal Ulang

Test drive All New Isuzu mu-X 4x4Kompas.com/Donny Test drive All New Isuzu mu-X 4x4

Perkara banderol, harga yang ditawarkan oleh ketiga model tersebut bisa dikatakan berada dalam satu rentang yang serupa.

Toyota Fortuner saat ini dipasang pada harga mulai Rp 520 jutaan hingga Rp 680 jutaan. Lalu Isuzu MU-X yang hanya tersedia dalam satu varian penggerak 4x4 dijual dengan banderol Rp 550 jutaan. Mitsubishi Pajero Sport sendiri bermain di harga Rp 520 jutaan sampai Rp 700 jutaan.

Berikut capaian wholesales segmen mobil SUV ladder frame untuk bulan Januari 2022.

  1. Toyota Fortuner: 2.492 unit
  2. Mitsubishi Pajero Sport: 2.151 unit
  3. Isuzu MU-X: 1 unit
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com