Jenis Kacamata Hitam yang Aman Digunakan Saat Mengemudi

Kompas.com - 09/02/2022, 19:51 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Menggunakan kacamata hitam saat mengendarai mobil menjadi fenomena yang tidak asing lagi.

Baik pengemudi wanita atau pengemudi pria kerap mengenakan benda ini saat mengendarai mobil di siang hari. Selain sebagai pelindung mata, kacamata juga berfungsi sebagai penunjang penampilan.

Namun, mengendarai mobil dengan menggunakan kacamata hitam kerap dianggap berbahaya. Penggunaan benda ini disinyalir mengganggu visibilitas pengemudi.

Baca juga: Cegah Truk ODOL, Kemenhub Terapkan Teknologi WIM di Kulon Progo

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan jika hendaknya pengemudi memperhatikan intensitas tingkat kegelapan kacamata.

“Baiknya kacamata yang gelap hanya sekitar 20 persen, kacanya bersih dan framenya tidak mengganggu,” kata Sony baru-baru ini pada Kompas.com. 

Kacamata hitam yang terlalu gelap akan membuat penglihatan pengemudi terganggu. Pada akhirnya, visibilitas pengemudi jadi tidak jelas dalam menangkap objek di perjalanan.

Kacamata Barton PerreiraVIA luxurylondon.co.uk Kacamata Barton Perreira

Visibilitas yang terganggu merupakan hal yang buruk saat berkendara. Ini dapat membuat pengemudi menabrak objek di sekitarnya, dan yang paling fatal menjadi sumber kecelakaan lalu lintas pengguna jalan lainnya.

Di negara Inggris telah memberlakukan denda bagi pengendara mobil yang menyetir sambil menggunakan kacamata hitam. Hal ini sebagai perlindungan dan keamanan saat berkendara.

Namun di Indonesia sendiri belum ada aturan yang melarang penggunaan benda ini saat mengendarai mobil. Akan tetapi bukan berarti penggunaanya kacamata hitam saat mengemudikan mobil adalah pilihan yang aman.

Baca juga: Adira Finance Gandeng Penyedia Layanan Dompet Digital

Maka dari itu, alangkah baiknya menggunakan kacamata hitam yang tidak terlalu pekat saat mengendarai kendaraan roda empat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.