Ada Bahaya Mengenakan Kacamata Hitam Saat Mengemudikan Mobil

Kompas.com - 09/02/2022, 11:02 WIB


JAKARTA,KOMPAS.com – Bagi sebagian pengemudi mobil, menggunakan kacamata hitam menjadi hal yang tidak boleh terlupakan saat menyetir di siang hari.

Mengenakan kacamata hitam saat mengemudikan mobil merupakan alternatif untuk melindungi dari terik matahari.

Tidak hanya itu, menggunakan kacamata hitam juga dipilih sebagai penunjang penampilan pengemudi.

Baca juga: Pilihan SUV Bekas di Bawah Rp 70 Juta per Februari 2022

Namun, ada yang beranggapan jika menggunakan kacamata hitam saat mengendarai mobil sangat berbahaya, sampai ada larangan resmi.

Misalnya, di Inggris memberlakukan denda bagi pengendara mobil yang kedapatan menyetir sambil menggunakan kacamata hitam.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, jika syarat utama pengemudi yang tepat adalah harus bebas dari gangguan pandangan.

“Mengemudi yang benar harus bebas visibilitas. Maka dari itu sebaiknya menggunakan kacamata hitam digunakan dan efektif saat tertentu saja,” kata Sony baru-baru ini pada Kompas.com.

Kacamata pintar dari Ray BanRay Ban Kacamata pintar dari Ray Ban

Waktu yang tepat mengenakan kacamata hitam adalah saat siang hari di mana matahari sedang bersinar terik.

Sinar tersebut akan membuat mata silau sehingga mengganggu kenyamanan pengemudi saat berkendara.

Oleh karena itu, peran dan fungsi kacamata hitam sangat tepat di situasi ini. Sebaliknya, jika tidak silau kacamata hitam harus segera dilepas. Jika tidak dilepas, kacamata hitam inilah yang akan menjadi sumber bahaya saat berkendara.

Baca juga: Hitung Biaya Perawatan Kia Seltos Diesel sampai 100.000 Km

Menurut Sony, menggunakan kacamata hitam saat cuaca normal, atau situasi yang tidak ada ada sinar yang menyilaukan mata justru akan membuat visibilitas terganggu.

“Karena bahayanya adalah rasa nyaman yang bisa berujung kantuk,” imbuh Sony.

Sony juga menyarankan agar memasang sun visor atau menggunakan kacamata hitam maksimal 1 jam saat berkendara. Dengan begitu, mengemudi akan lebih aman tanpa gangguan visibilitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.