Ratusan Marshal Lokal Siap Kawal Tes Pramusim MotoGP di Mandalika

Kompas.com - 08/02/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah 338 marshal lokal bakal ditugaskan mengawal tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB, pada 11-13 Februari mendatang.

Para marshal itu terdiri atas 198 orang yang bertugas di ajang World Superbike 2021 di Mandalika, 69 marshal rekrutan baru, 51 anggota Brimob, dan 20 personel Badan SAR Nasional.

Marshal lokal yang direkrut berasal dari masyarakat Lombok, khususnya warga yang tinggal di sekitar sirkuit.

Baca juga: Impresi Pertama Jajal Yamaha Fazzio, Motor Ringan tapi Bantingan Kaku

Sebanyak 338 marshal siap mengawal tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 11-13 Februari 2022.DOK. MGPA Sebanyak 338 marshal siap mengawal tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 11-13 Februari 2022.

Proses perekrutan warga lokal tersebut melibatkan komunitas otomotif NTB dan Karang Taruna Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Sedangkan untuk anggota Brimob dan Basarnas yang bertugas sebagai marshal, bakal bertugas sebagai radioman.

“Marshal-marshal lokal yang kami rekrut dan kami latih ini sifatnya adalah volunteer. Kami ingin menumbuhkan jiwa memiliki dan bangga pada wilayah mereka sendiri,” ujar Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), disitat dari Antara (7/2/2022).

Baca juga: Rest Area Gunung Mas Puncak Selesai Dibangun, Bisa Tampung 500 Mobil

Para marshal mengibarkan bendera pada rangkaian event WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021.KOMPAS.com/Mochamad Sadheli Para marshal mengibarkan bendera pada rangkaian event WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021.

“Sehingga mereka memiliki andil yang besar dalam jalannya sebuah perhelatan balap,” kata Priandhi.

Untuk diketahui, saat ini para marshal yang akan bertugas sedang mengikuti tes pelatihan intensif yang disiapkan oleh PT Pengembang Pariwisata Indonesia (Persero) ITDC, MGPA, dengan melibatkan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai instruktur pelatihan.

“Pemenuhan marshal berkualitas merupakan hal yang krusial dalam penyelenggaraan sebuah event balap,” ucap Priandhi.

“Oleh karena itu, di bawah koordinasi IMI pusat maupun NTB secara bersama-sama juga telah memberikan pelatihan guna meningkatkan kemampuan marshal yang kami rekrut,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.