[POPULER OTOMOTIF] Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Matik di Jalan Menanjak | Jangan Langsung Pindahkan Transmisi dari D ke P di Mobil Matik

Kompas.com - 08/02/2022, 06:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil di tanjakan terjal menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi pengemudi terutama untuk pengemudi pemula.

Beberapa pengemudi pemula masih kerap melakukan kesalahan pada saat mengemudikan mobil matik. Meski kesalahan kecil dan sepele, namun kesalahan tersebut bisa berakibat fatal bagi mobil yang dikendarai.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan yakni pada saat mengemudikan mobil matik di tanjakan.

Kemudian, saat mobil matik hendak berhenti cukup lama atau pada posisi parkir, pengemudi umumnya akan langsung memindahkan tuas transmisi dari posisi D (Drive) ke P (Parking).

Begitu pula sebaliknya saat mobil akan dijalankan, perpindahan tuas transmisi langsung dari posisi P ke posisi D. Sehingga tidak jarang pengemudi akan merasakan hentakan dan suara keras dari transmisi.

Padahal sikap tersebut kurang tepat dilakukan. Jika menjadi kebiasaan, maka akan berdampak buruk pada sistem transmisi dan mempersingkat usia pakai komponen-komponennya.

Selengkapnya, berikut daftar 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 7 Februari 2022.

1. Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Matik di Jalan Menanjak

Glory 580 Menanjak, Kamis (10/12/2020).KOMPAS.com/Ruly Glory 580 Menanjak, Kamis (10/12/2020).

Masih banyak pengendara yang tetap mempertahankan posisi gigi di D, dan memainkan gas sedikit agar tidak mundur tanpa menggunakan rem tangan.

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan, sering melakukan kebiasaan ini bisa menyebabkan transmisi mengalami kerusakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.