Rest Area Gunung Mas Puncak Selesai Dibangun, Bisa Tampung 500 Mobil

Kompas.com - 07/02/2022, 14:57 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah selesai membangun Rest Area di kawasan Gunung Mas Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dikutip dari akun Instagram resmi @kemenpupr (7/2/2022), Rest Area Gunung Mas memiliki 516 unit ruang untuk pedagang kaki lima dan usaha mikro.

Dengan rampungnya Rest Area Gunung Mas, diharapkan bisa semakin meningkatkan pariwisata di Kabupaten Bogor.

Baca juga: Risiko Kebiasaan Isi BBM Tidak Sampai Penuh

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kementerian PUPR (@kemenpupr)

Pembangunan Rest Area tersebut juga menjadi upaya jangka panjang pemerintah dalam mengurangi risiko terjadinya longsor di jalur Puncak, akibat perubahan pemanfaatan ruang, curah hujan tinggi, dan kondisi topografi.

Rest area seluas 7 ha ini telah dilengkapi sejumlah fasilitas utama seperti tiga area parkir yang mampu menampung sekitar 500 mobil, masjid, plaza pandang, meeting point, taman atau ruang terbuka hijau, dan amphitheater,” tulis caption Instagram @kementerianpupr.

Seperti diketahui, Rest Area menjadi fasilitas penting yang menunjang keselamatan berkendara. Terlebih buat para pengendara yang sudah mengemudikan kendaraan selama beberapa jam, wajib melakukan istirahat.

Baca juga: Soal Biaya Servis, Ini Harga dan Tipe Aki Motor Hybrid Yamaha Fazzio

Seorang pria mengantuk saat sedang mengemudi di dalam mobil. Kondisi ini disebut dengan istilah carcolepsy.monstArrr_/Unsplash Seorang pria mengantuk saat sedang mengemudi di dalam mobil. Kondisi ini disebut dengan istilah carcolepsy.

Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, rasa kantuk merupakan ancaman buat pengemudi kendaraan.

Menurutnya, tidak ada obat mujarab untuk menghilangkan rasa ngantuk, kecuali dengan beristirahat. Untuk itu selain kendaraan, kesiapan fisik dari seorang pengemudi juga tidak boleh terabaikan.

Jangan sampai pengemudi memaksakan diri terus berjalan dalam kondisi tubuh yang sudah lelah. Sony mengatakan, tidurlah di rest area walau hanya sejenak.

Baca juga: Ini Tol Terpendek yang Ada di Indonesia, Hanya 2,65 km

Rest area di Tol Jakarta-Cikampek.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Rest area di Tol Jakarta-Cikampek.

Oleh sebab itu, selama melakukan perjalanan jauh, seorang pengemudi haruslah beristirahat secara berkala. Mulai dari melepaskan penat selama melakukan hingga perenggangan.

“Jadi setelah melakukan perjalanan maksimal tiga jam, wajib beristirahat selama 30 menit,” ucap Sony, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Dan menyisihkan waktu tiga menit untuk stretching dan itu harus didukung oleh penumpangnya,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.