Kenali Dulu Jenis-jenis Sunroof Sebelum Modifikasi

Kompas.com - 07/02/2022, 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sunroof merupakan kaca yang berada di bagian atap mobil, berfungsi layaknya jendela dan menawarkan penumpang pemandangan di luar mobil melalui bagian atas.

Pada beberapa mobil keluaran terbaru, sunroof sudah menjadi sebuah komponen wajib. Selain memberikan pemandangan buat penumpang, sunroof juga membuat tampilan mobil terlihat futuristik dan elegan.

Meskipun begitu, sebagian besar mobil tidak dilengkapi oleh sunroof. Namun, pemilik mobil bisa melakukan modifikasi di bengkel yang kompeten untuk menambahkan sunroof pada mobil, sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Baca juga: Modifikasi Sunroof pada Mobil Tidak Boleh Sembarangan

Secara umum, ada tiga jenis sunroof yang bisa dipilih pemilik mobil. Owner Garasi Sunroof, Raden Indra Dewanto mengatakan menjelaskan bahwa ada sunroof yang berupa kaca fixed atau tidak bisa dibuka, dan juga sunroof yang kacanya bisa dibuka, layaknya jendela mobil.

1. Sunroof

Dengan menggunakan sunroof, atap bisa dibuka seperti jendela di pintu mobil. Ketika dibuka, komponen tersebut naik ke atas atap.

"Panoramic itu ada yang kacanya bisa terbuka ke atas, sebutannya panoramic sunroof," jelas Dewa pada Kompas.com, belum lama ini.

Dewa mencontohkan beberapa mobil yang sudah dilengkapi dengan sunroof, seperti Kia Rio dan Toyota Harrier.

Sunroof PanoramicFoto: Peugeot Sunroof Panoramic

2. Moonroof

Serupa dengan sunroof, komponen moonroof juga bisa dibuka layaknya jendela pintu mobil. Yang membedakan ialah arah kaca saat sedang dibuka. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.