Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Dulu Jenis-jenis Sunroof Sebelum Modifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sunroof merupakan kaca yang berada di bagian atap mobil, berfungsi layaknya jendela dan menawarkan penumpang pemandangan di luar mobil melalui bagian atas.

Pada beberapa mobil keluaran terbaru, sunroof sudah menjadi sebuah komponen wajib. Selain memberikan pemandangan buat penumpang, sunroof juga membuat tampilan mobil terlihat futuristik dan elegan.

Meskipun begitu, sebagian besar mobil tidak dilengkapi oleh sunroof. Namun, pemilik mobil bisa melakukan modifikasi di bengkel yang kompeten untuk menambahkan sunroof pada mobil, sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Secara umum, ada tiga jenis sunroof yang bisa dipilih pemilik mobil. Owner Garasi Sunroof, Raden Indra Dewanto mengatakan menjelaskan bahwa ada sunroof yang berupa kaca fixed atau tidak bisa dibuka, dan juga sunroof yang kacanya bisa dibuka, layaknya jendela mobil.

1. Sunroof

Dengan menggunakan sunroof, atap bisa dibuka seperti jendela di pintu mobil. Ketika dibuka, komponen tersebut naik ke atas atap.

"Panoramic itu ada yang kacanya bisa terbuka ke atas, sebutannya panoramic sunroof," jelas Dewa pada Kompas.com, belum lama ini.

Dewa mencontohkan beberapa mobil yang sudah dilengkapi dengan sunroof, seperti Kia Rio dan Toyota Harrier.

2. Moonroof

Serupa dengan sunroof, komponen moonroof juga bisa dibuka layaknya jendela pintu mobil. Yang membedakan ialah arah kaca saat sedang dibuka. 

"Panoramic moonroof, kacanya bisa kebuka ke dalam," kata Dewa.

Selain itu, berbeda dengan sunroof, moonroof berbahan kaca. Sehingga, penumpang tetap bisa menikmati pemandangan keluar walaupun komponennya belum dibuka.

Saat dibuka, bagian kaca moonroof bergerak ke arah dalam atap mobil, bukan ke atas atap seperti sunroof. Disitat Nissan, karena kaca masuk ke dalam atap, aliran udara yang masuk tidak akan terganggu.

Namun, kaca tipe ini rawan macet dan cukup sulit diperbaiki. Beruntungnya, kaca moonroof umumnya digerakkan secara otomatis, sehingga rel bisa terhindar dari macet.

3. Panorama roof

Panorama atau panoramic roof berukuran lebih besar dibandingkan sunroof dan moonroof. Umumnya, panoramic roof dibuat dengan kaca yang mampu menahan sinar matahari agar kabin mobil tidak terasa panas.

Dewa menjelaskan, kaca panoramic tidak seperti sunroof atau moonroof yang bisa dibuka sesuai dengan kebutuhan pemiliknya.

Namun, pada panoramic roof ada tirai yang bisa digunakan, jika penumpang sedang tidak ingin menikmati pemandangan keluar. Sehingga, atap mobil akan tertutup dan terlihat seperti atap mobil biasa yang tidak dilengkapi kaca.

"Seperti Mitsubishi Outlander, itu panoramic tapi kacanya enggak bisa dibuka. Kacanya fixed," ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/07/200100715/kenali-dulu-jenis-jenis-sunroof-sebelum-modifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke