Kecelakaan Bus di Imogiri, Ada Indikasi Rem Blong

Kompas.com - 07/02/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus Pariwisata GA Trans mengalami kecelakaan di Jalan Imogiri-Mangunan, tepatnya bawah Bukit Bego, Imogiri, Bantul, Yogyakarta, Minggu (6/2/2022).

Bus tersebut menabrak dinding tebing menyebabkan kondisi ringsek. Dalam kejadian tersebut terdata 13 orang meninggal dunia, dan 34 orang mengalami luka-luka.

Bus asal Sukoharjo, Jawa Tengah ini melakukan wisata dari Breksi, Sleman, dilanjutkan ke Hutan Pinus, dan akan menuju ke Pantai Parangtritis dari sejumlah lokasi wisata di Bantul.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan, dari keterangan saksi di dalam bus melihat sopir panik memainkan persneling giginya.

Baca juga: Kecelakaan Bus di Bantul, Begini Tips Aman Pilih Bus Pariwisata

“Ada indikasi fungsi pengereman tidak berfungsi atau remnya blong sehingga hanya memainkan gigi. Pada saat kendaraan turun ke bawah inilah yang menyebabkan kendaraan oleng dan menabrak tebing,” ucap Ihsan dikutip dari Kompas Regional, Senin (7/1/2022).

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, jalur bus pariwisata tersebut didominasi dengan beberapa tikungan, tanjakan dan paling banyak turunan.

Rambu peringatan untuk Bus sebelum masuk Turunan sekitar Bukit Bego, Imogiri, BantulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Rambu peringatan untuk Bus sebelum masuk Turunan sekitar Bukit Bego, Imogiri, Bantul

Tanjakan cukup curam dari Mangunan saat akan memasuki perempatan menuju kawasan wisata alam Watu Lawang. Lalu didominasi turunan, yang paling curam dimulai dari kawasan wisata Watu Goyang.

Bahkan ada rambu yang dipasang pemerintah termasuk warga memberitahu turunan tajam.

“Awas Turunan Tajam Gunakan Gigi Kecil Sekarang!!!” tulis ambu yang dipasang koperasi Noto Wono.

Berkaca dari insiden ini, pengemudi sebaiknya mengetahui prosedur yang benar ketika bus dan truk bertemu di jalan menurun. Tindakan yang biasa dilakukan adalah terlalu mengandalkan rem kaki atau friction based brake, kampas jadi overheat sehingga terjadi rem blong.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.