Ini Tol Terpendek yang Ada di Indonesia, Hanya 2,65 km

Kompas.com - 06/02/2022, 19:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan tol selama ini dikenal sebagai jalan bebas hambatan bagi transportasi kendaraan darat. Tidak hanya itu saja, jalan tol juga menjadi harapan untuk memajukan perekonomian nasional.

Pembangunan jalan tol di Indonesia saat ini gencar dilakukan oleh pemerintah. Uniknya, salah satu jalan tol yang telah diresmikan ada yang memegang predikat sebagai jalan tol terpendek.

Bila umumnya jalan tol terdiri dari ratusan atau ribuan kilometer, jalan tol ini justru hanya memiliki jarak di bawah ukuran jalan tol lainya.

Baca juga: Jatuh 2 Kali, Marc Marquez Posisi 8 Hari Pertama Tes Pramusim Sepang

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan jika jalan tol Cibitung - Cilincing seksi I (Junction Cibitung – Interchange Telaga Asih) menjadi tol terpendek di Indonesia.

“Ini menjadi ruas tol terpendek di Indonesia, dengan total panjang 2,65 km,” ucap Danang pada Kompas.com baru-baru ini.

Kehadiran jalan tol terpendek di Indonesia ini juga merupakan jaringan jalan tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta- Bogor-Depok- Tangerang- Bekasi).

Gerbang tol Telaga Asih yang merupakan bagian dari jalan tol Cibitung-Cilincing BPJT Gerbang tol Telaga Asih yang merupakan bagian dari jalan tol Cibitung-Cilincing

Jalan tol jalan tol Cibitung - Cilincing seksi I sendiri telah diresmikan pada 30 Juli 2021. Jalan  tol ini dibangun guna menghubungkan konektivitas kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Penerapan tarif pembayaran baru diberlakukan mulai 18 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB. Kemudian, penetapan tarif jalan tol terpendek ini juga telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR No. 838/KPTS/M/2021.

- Golongan I Rp 5.500,

- Golongan II Rp 8.000,

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.