Top Speed Yamaha Masih Rendah, Aprilia Terkencang di Shakedown Test

Kompas.com - 03/02/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Shakedown Test untuk MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, sudah berakhir. Selama tiga hari pengetesan, terlihat kecepatan maksimum atau top speed dari masing-masing pabrikan.

Dikutip dari Crash.net, Rabu (2/2/2022), catatan top speed ini bisa saja berbeda dengan hasil pada sesi tes pra-musim yang akan dilaksanakan akhir pekan ini.

Sebab, sesi tes pra-musim akan diikuti para pebalap dari setiap tim. Sementara di Shakedown Test, hanya diikuti test rider dari masing-masing pabrikan dan pebalap rookie saja.

Baca juga: Cal Crutchlow Lanjut Jadi Test Rider Yamaha

Namun, ada pengecualian untuk Aprilia. Kedua pebalapnya, Maverick Vinales dan Aleix Espargaro, diizinkan untuk mengikuti pengetesan. Sebab, Aprilia masih berstatus tim konsesi.

Aprilia saat shakedown test di SepangDok. @aleixespargaro Aprilia saat shakedown test di Sepang

Vinales dan Aleix tercatat memiliki top speed paling tinggi. Keduanya berhasil mencapai 334,4 kilometer per jam pada Rabu, hari terakhir pengetesan.

Top speed juga dipengaruhi dari banyak hal, sepertii slipstream, keluar dari tikungan lebih baik, dan alat pengatur ketinggian alias ride-height device. Alat tersebut terbukti efektif dan memainkan peran penting dalam mencapai top speed.

Ducati justru ada di urutan kedua dengan pebalap rookie, Marco Bezzecchi, mencatatkan 333,3 kilometer per jam. Namun, pebalap asuhan VR46 Riders Academy ini mengendarai Desmosedici GP21. Sementara GP22, digunakan oleh test rider Michele Pirro yang meraih 331,1 kilometer per jam.

Baca juga: Aprilia Mengaku Masih Butuh Waktu Bikin Motor MotoGP yang Kompetitif

Suzuki berhasil tembus 332,2 kilometer per jam dengan GSX-RR yang dikendarai test rider Sylvain Guintoli. Sebelumnya, GSX-RR hanya bisa mencapai 327,3 kilometer per jam.

Ducati saat shakedown test di SepangDok. Ducati Corse Ducati saat shakedown test di Sepang

Honda mengikuti Shakedown Test bersama test rider Stefan Bradl. Pebalap asal Jerman tersebut mencapai top speed 331,3 kilometer per jam.

Top speed KTM pada pengetesan kali ini dapat mencapai 330,3 kilometer per jam yang diraih oleh pebalap rookie Raul Fernandez.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.