Menperin Pastikan Mobil Buatan Indonesia Ekspor ke Australia Tahun Ini

Kompas.com - 03/02/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita kembali memastikan bila kegiatan ekspor mobil buatan dalam negeri ke Australia akan dilaksanakan mulai tahun ini.

Langkah tersebut akan menjadi sejarah baru bagi industri otomotif Tanah Air karena untuk pertama kalinya menjajaki pasar Australia yang memiliki standar cukup ketat.

Demikian dikatakan oleh Agus dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Gedung DPR/MPR, Jakarta, seperti dilansir dari Money.Kompas.com, Rabu (2/2/2022).

Baca juga: Pengemudi Wanita Rawan Jadi Target Kejahatan

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan sambutan pada acara Dialog Nasional dengan tema Strategi Meningkatkan Daya Saing Kawasan Industri Indonesia di Jakarta, Kamis (27/1/2022).Dokumentasi Kementerian Perindustrian Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan sambutan pada acara Dialog Nasional dengan tema Strategi Meningkatkan Daya Saing Kawasan Industri Indonesia di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

"Saya ingin laporkan juga satu hal yang sangat menggembirakan, insya Allah sebentar lagi dan ini sejarah bahwa Indonesia akan pertama kali melakukan ekspor mobil ke Australia," katanya.

Menurut Agus, perjuangan untuk bisa melakukan ekspor ke Negeri Kanguru itu sangat panjang. Baik dari sisi komunikasi industri yang angsung ke prinsipal dari masing-masing merek, proses persiapan, sampai pada sisi produksi.

"Ini perjuangan kami yang sangat panjang. Karena ini memang keputusan boleh mengekspor atau memperluas negara ekspor tidak di tangan kami (pemerintah) tapi tangan prinsipal," kata dia.

"Kalau untuk melakukan ekspor untuk kendaraan-kendaraan berbasis produsen Jepang, itu keputusannya ada di Tokyo. Selain itu, standar di Australia juga tinggi seperti Euro 4," kata Agus, melanjutkan.

Menperin optimistis, ekspor perdana mobil rakitan Indonesia ini bisa dilakukan sebelum kuartal I 2022.

Baca juga: Mobil Buatan Indonesia Akan Diekspor ke Australia Mulai Kuartal I/2022

Mobil-mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia diparkir di dermaga Car Terminal,  Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Mobil-mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia diparkir di dermaga Car Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.

"Pertama kali dalam sejarah mengirim mobil buatan Indonesia yang konten lokalnnya sudah di atas 60 persen untuk pasar Australia," kata Agus.

Hanya saja, ia belum ingin menyebut secara rinci siapa saja merek mobil yang melakukan penetrasi pasar ke sana. Tapi dari beberapa komunikasi sebelumnya, ada dua kandidat yaitu Toyota dan Mercedes-Benz.

Adapun perluasan pasar otomotif ke Australia, diakui memang beberapa kali sudah masuk target Kementerian Perindustrian. Terlebih, Indonesia memiliki perjanjian perdaangan strategis yaitu Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Melalui IA-CEPA, seluruh produk ekspor RI yang masuk ke Negeri Kanguru tersebut dikenakan tarif nol persen. Sehingga, ada peluang meningkatkan sektor otomotif nasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.