Alasan Isuzu mu-X 4x2 Terbaru Belum Masuk Pasar Indonesia

Kompas.com - 02/02/2022, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengakui bahwa pergeseran fokus bisnis di dalam negeri membuat perseroan menunda kehadiran kendaraan penumpang mu-X 4x2.

Isuzu justru menghadirkan mu-X 4x4 yang fokus bermain pada semen mobil niaga ringan pada helatan GIIAS 2021 bersama D-Max baru. Kini, belum ada kejelasan pasti atas peluncuran produk terkait.

"Tahun lalu kami belum perkenalkan mu-X 4x2 karena kita ingin fokus di segmen komersial. Jadi yang kita kenalkan 4x4 dahulu dan D-Max single cabin serta double cabin," kata Direktur Pemasaran IAMI Rahmat Samulo dalam Media Gathering, Rabu (2/2/2022).

Baca juga: Isuzu Optimistis Sambut Regulasi Mesin Euro 4

All New Isuzu mu-XKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI All New Isuzu mu-X

Menurutnya kedua mobil itu merupakan bagian dari kendaraan komersial. Layaknya kendaraan niaga, mu-X dan D-Max juga tidak sekadar dijual tapi juga harus memberikan pelayanan menyeluruh buat konsumennya.

"Kita harus memastikan kedua kendaraan itu punya produktivitas tinggi. Jadi bukan sekadar menjual," ujar dia.

Fokus itulah yang membuat Isuzu untuk sementara tidak membawa Isuzu mu-X varian 4x2. Begitu juga keinginan mereka untuk kembali bermain di segmen mobil penumpang setelah menyuntik mati Isuzu Panther.

Baca juga: Tidak Semua Jalan Tol Cocok Dipasang Singing Road

Isuzu Panther Grand Touring dan MU-XKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Isuzu Panther Grand Touring dan MU-X

Diketahui, mu-X sudah tersedia di pasar Thailand pada Oktober 2020 lalu dengan dua varian 4x2 dan 4x4. Keduanya memiliki dua pilihan mesin diesel yaitu 1,9 liter plus turbo dan diesel 3.0 liter.

Di Indonesia, saat ini baru tersedia varian 1.9 liter turbo, namun dengan penggerak 4x4 saja. Sampai sekarang, agaknya kepastian bahwa mobil tersebut akan dilepas ke pasar dalam negeri masih butuh waktu cukup lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.