Traga dan Elf Masih Jadi Tulang Punggung Isuzu di Indonesia

Kompas.com - 02/02/2022, 16:50 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berhasil meningkatkan penjualan di pasar dalam negeri sepanjang tahun lalu apabila dibandingkan Januari-Desember 2020.

Menguasai 24,3 persen pasar komersial, model Traga dan Elf masih jadi tulang punggungnya dengan masing-masing penjualan 12.022 unit serta 12.723 unit.

Adapun peningkatan tersebut, tidak terlepas dari penanganan yang baik dalam dua faktor permasalahan di Indonesia, yakni aspek kesehatan dan ekonomi.

Baca juga: Isuzu Optimistis Sambut Regulasi Mesin Euro 4

Penjualan Astra Isuzu sepanjang 2021KOMPAS.com/Ruly Penjualan Astra Isuzu sepanjang 2021

"Tahun kemarin adalah tahun yang penuh dinamika. Dengan pengelolaan yang baik di faktor terkait, kami dapat menangkap peluang dan mencatat performa yang bagus, tumbuh jauh lebih baik dibanding 2020," kata Vice President Director PT IAMI Ernando Demily saat Media Gathering, Rabu (2/2/2022).

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan ritel Isuzu berhasil mencapai 27.278 unit dengan level penguasaan pasar 24,3 persen di segmen kendaraan komersial.

Lebih rinci, Isuzu Elf menyumbangkan 23,2 persen, Isuzu Giga 13 persen dan Isuzu Traga menjadi tulang punggung dengan 30,7 persen. Secara volume, Isuzu Traga sepanjang tahun 2021 terjual sebanyak 12.022 unit, naik signifikan dari tahun sebelumnya yaitu 6.660 unit.

Baca juga: Bahaya Mengemudi di Jalan Tol Saat Hujan dan Angin Kencang

ELF siap jadi andalan ekspor Isuzu dari Indonesia.Agung Kurniawan ELF siap jadi andalan ekspor Isuzu dari Indonesia.

Selanjutnya, Isuzu Elf menyumbangkan penjualan sebanyak 12.723 unit, naik dari 8.596 unit pada periode Januari-Desember 2020. Sedangkan di segmen medium truk, Isuzu Giga terjual 2.181 unit dari sebelumnya hanya 1.292 unit.

Pada sisi ekspor, Isuzu juga mencatatkan penjualan positif dari sebelumnya 3.554 unit menjadi 5.005 unit di tahun 2021. Kegiatan ekspor kendaraan dilakukan ke sejumlah negara seperti Philipina, Laos, Myanmar, sampai ke Amerika Latin.

"Kami tetap melihat bahwa 2022 ini tahun yang penuh dengan optimisme. Harusnya lebih optimis daripada 2021 karena kami percaya bahwa pasar otomotif secara umum tetap akan mengalami pertumbuhan," ujar Ernando lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.