Cara Mencegah Agar Kucing Tak Nangkring di Atas Kap Mobil

Kompas.com - 31/01/2022, 15:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Tak jarang pemilik mobil yang menemukan kucing sedang tertidur di atas kap mobil. Meski tak berbahaya, tentunya Anda akan sangat jengkel saat melihat jejak kaki atau bekas cakaran kucing di cat mobil.

Untuk mencegah kucing nangkring di atas mobil, setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Menurut CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memasang suara ultrasonic yang ada di aplikasi handphone.

Baca juga: Selain Mengasah Kuku, Ini Alasan Kucing Gemar Mencakar Jok Motor

Suara ultrasonic bisa dimanfaatkan untuk mengusir kucing di sekitar mobil. Suara yang melengking membuat telinga kucing hingga manusia sekalipun akan pengang. Dengan begitu, kucing akan menghindar karena tidak nyaman dengan suara tersebut.

Ilustrasi sarung penutup mobilAlibaba Ilustrasi sarung penutup mobil

“Bisa juga menggunakan bumbu dapur yang menyengat seperti merica, lada, daun mint dan buah lemon. Karena itu semua membuat kucing tidak nyaman dengan baunya,” ucap Christopher saat dihubungi Kompas.com, Senin (31/1/2022).

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan spray anti nyamuk yang beraroma lavender atau rosemary.

Baca juga: Begini Cara Mengatur Headrest yang Benar Agar Tidak Cedera

“Semprotkan cairan tersebut ke atas mobil, ini akan membuat kucing tidak suka dengan aromanya,” kata Christopher.

Terakhir adalah menggunakan cover atau sarung pelindung untuk mobil. Dengan cover tersebut, meskipun ada kucing nangkring di atas kap mobil masih bisa terlindungi.

Tak hanya itu, menggunakan sarung mobil juga bisa menghindari bodi mobil dari kotoran semacam debu, getah pohon, hingga kotoran burung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.