Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Spion Tanduk di Kap Mesin

Kompas.com - 31/01/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada umumnya,di mobil terdapat beberapa spion yang berfungsi untuk membantu pengemudi untuk berbelok, pindah jalur, atau parkir. Umumnya terletak di sisi kanan dan kiri sisi depan kendaraan, juga di bagian tengah interior mobil.

Beberapa mobil Sport Utility Vehicle (SUV) model lama, ada sesuatu yang berbeda yakni adanya spion di ujung kap mesin baik di bagian kiri maupun di kanan.

Baca juga: Kronologi Bus Tabrak Flyover Simpang Lapan Hingga Atap Terlepas

Masih banyak masyarakat yang belum mengerti mengenai fungsi dan kegunaan spion tanduk di kap mesin tersebut. Bahkan beberapa orang hanya mengganggap komponen tersebut hanya sebatas aksesoris mobil saja.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, spion tambahan model tanduk yang terdapat di bagian sebelah kiri kap mesin memiliki beragam fungsi.

Ilustrasi Spion Tanduk Toyota FortunerArif Nugrahadi Ilustrasi Spion Tanduk Toyota Fortuner

“Fungsi utamanya untuk meningkatkan pengelihatan pada sisi depan sampai belakang bagian kiri mobil, karena area tersebut merupakan blind spot bagi pengemudi di Indonesia yang menggunakan setir kanan,” kata Deni beberapa waktu lalu, kepada Kompas.com.

Tidak hanya itu saja, spion tanduk juga berguna sebagai patokan saat pengemudi ingin parkir kendaraan atau bermanuver.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 50 Jutaan di Semarang

“Sisi depan bagian kiri agak susah dilihat, dengan adanya spion tanduk dapat meningkatkan pengelihatan pengemudi,” ucap Deni.

Selain spion tanduk, beberapa mobil juga memiliki spion di pintu belakang mobil yang tergantung di atas kaca belakang kendaraan-kendaraan yang berukuran besar dan menghadap ke bawah.

Spion belakang berfungsi untuk memberikan visual bagian belakang mobil lebih jelas lagi, sebab menurut Deni, untuk mobil MPV besar agak sulit untuk melihat dengan jelas. Kecuali sudah memiliki kamera mundur.

Ilustrasi spion belakang pada Mazda E2000yudakuzuma.wordpress.com Ilustrasi spion belakang pada Mazda E2000

Spion belakang juga punya fungsi yang sama seperti spion tanduk, bisa sebagai patokan pengemudi, untuk mundur contohnya,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.