Selain Mengasah Kuku, Ini Alasan Kucing Gemar Mencakar Jok Motor

Kompas.com - 31/01/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kebiasaan kucing paling membuat jengkel pemilik motor adalah merusak jok motor dengan cakarnya.

Meskipun telah ada beberapa cara mencegah kucing merusak jok motor, namun ulah makhluk berbulu ini kerap sulit dihentikan.

Sifat alamiah kucing yang gemar mencakar menjadi alasan jok motor menjadi sasaran. Sebagai hewan pemburu, kucing sangat membutuhkan kukunya tetap tajam.

Dengan mencakar benda-benda di sekitarnya, termasuk jok motor bertujuan agar kuku kucing akan terasah. Namun penyebab lainnya tidak hanya untuk mengasah saja, dengan mencakar kucing memberikan tanda batas wilayahnya pada kucing lain.

Baca juga: Ampuhkah Lotion Lindungi Jok Motor dari Cakaran Kucing?

Drh Nurul Hafsari dari DNA Animal Clinic Bogor mengatakan, jika kebiasaan kucing menggaruk atau mencakar ialah untuk tanda teritorial kucing.

Kucing ini hewan teritorial sehingga saat menggaruk suatu benda misalnya jok motor, sofa atau karpet itu mereka menandakan teritorial mereka,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com. 

Saat kucing mencakar, pada kukunya terdapat kelenjar yang dapat mengeluarkan bau. Bau ini biasanya hanya kucing saja yang dapat membedakan.

Ilustrasi skutik Yamaha calon pesaing ScoopyGREATBIKER.com Ilustrasi skutik Yamaha calon pesaing Scoopy

Oleh karena itu, jika jok motor telah di cakar oleh kucing A, maka kucing lain tidak akan berani melakukan hal yang sama.

Bahkan, Nurul menyebutkan jika beberapa jurnal ilmiah menyatakan kebiasaan mencakar ini untuk kucing mengeluarkan emosi.

Saat kucing marah atau bersemangat akan menggaruk-garuk sebuah objek yang sifatnya nyaman di kuku kucing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.