Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Bus BTS di 2022 Tak Gratis Lagi

Kompas.com - 16/01/2022, 16:01 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, siap mengoperasikan kembali layanan bus bersubsidi atau berskema buy the service (BTS) di lima kota mulai Minggu (16/1/2022).

Adapun sebelumnya, layanan BTS bertajuk Teman Bus di Makassar, Banyumas, Banjarmasin, Surabaya, dan Bandung dihentikan sementara waktu dengan alasan evaluasi dan perbaikan skema lelang pembelian layanan.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyebutkan, kini layanan Teman Bus sudah tidak lagi gratis.

Budi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan terkait hal tersebut. Sebab tiket Teman Bus sudah jadi penerimaan negara bukan Pajak (PNBP).

Baca juga: Honda Luncurkan PCX 160 Endless Sport Edition

Peluncuran Teman Bus melalui Program Buy The Service (BTS) pada Trans Semanggi Suroboyo di Balai Kota Surabaya, Rabu (29/12/2021).DOK. PEMKOT SURABAYA Peluncuran Teman Bus melalui Program Buy The Service (BTS) pada Trans Semanggi Suroboyo di Balai Kota Surabaya, Rabu (29/12/2021).

"Sekarang ini memang masih belum berbayar, tapi dalam waktu dekat kami sudah koordinasi dengan Kementerian Keuangan, tidak terlampau lama, mudah-mudahan untuk tiket sudah bisa akan dikeluarkan, karena ini masuknya adalah kepada PNBP," ucap Budi dalam konferensi pers virtual, Sabtu (15/1/2022).

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan Ditjen Hubdat Kemenhub Suharto mengatakan, pihaknya mulai menyiapkan perangkat pendukung untuk tiket nontunai layanan Teman Bus.

"Ke depannya adalah bagaimana kami akan memperbanyak jaringan angkutan umum untuk pelayanan BTS ini, termasuk saat ini kita sedang mempersiapkan adanya cashless," kata Suharto.

Ia menuturkan, sistem ini diperkirakan sudah bisa beroperasi mulai Februari 2022. Ini berarti, penghapusan layanan gratis Teman Bus bisa jadi dimulai bulan depan.

Baca juga: Penjualan Yamaha Tembus 1 Juta Unit pada 2021, Ini Model yang Diminati

Ilustrasi sopir mengendarai armada Teman Bus di Palembang.tribunnews.com Ilustrasi sopir mengendarai armada Teman Bus di Palembang.

"Jadi seandainya dalam waktu dekat bulan Februari ini sudah berbayar, maka kami akan memperbanyak alat top up dan sebagainya. Kami akan bekerja sama dengan pihak perbankan untuk nantinya bisa memberikan alat-alat untuk tap cash ini," ujar Suharto menambahkan.

Sebagai informasi, Teman Bus merupakan penyediaan bus angkutan massal dalam kota dengan program BTS yang digagas Kemenhub.

Saat ini, Teman Bus tersedia di 10 kota, mulai dari Palembang, Solo, Bali, Yogyakarta, dan Medan yang sudah beroperasi. Lalu Makassar, Banjarmasin, Banyumas, Surabaya, dan Bandung yang kembali beroperasi per 16 Januari 2022 usai sempat berhenti sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com